JARINGAN KOMPUTER SELALU BEREVOLUSI SETIAP WAKTU

 

Oleh : Muzzammil, S.Kom.

Penulis

TEKNOLOGI komputer saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Banyak sisi kehidupan kita yang sangat tergantung dengan teknologi komputer. Proses pemanfaatan teknologi komputer saat ini dikenal dengan istilah komputerisasi.

 

Komputer sendiri diartikan sebagai suatu perangkat elektronika yang bekerja secara otomatis, terintegrasi dan terkoordinasi sehingga dengan prosedur tertentu, dapat mengingat (baik masukan, proses, maupun hasil) dan menampilkan hasil proses tersebut. Dalam hal ini tidak dapat di pisahkan juga jaringan yang terdapat di Komputer, Anda pasti sudah sering mendengar mengenai jaringan komputer.

 

Saat ini sepertinya berbagai jenis jaringan komputer sudah bukan merupakan hal yang asing lagi bagi seluruh masyarakat dunia, karena saat ini secara sadar maupun tidak, kita semua sudah saling terhubung dengan jaringan komputer. Tidak percaya? Silahkan saja anda cek handphone anda.

 

Apabila anda sudah bisa melakukan koneksi dan melakukan surfing internet, itu berarti anda sudah terhubung dan juga sudah memanfaatkan jaringan komputer.Jaringan komputer atau jejaring komputer (computer network) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

 

Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan computer. (Sumber Wikipedia.org)Saat ini jaringan komputer sangat bermanfaat dan juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat di era modern seperti ini untuk berbagai keperluan, mulai dari kepentingan bisnis hingga kepentingan hiburan.

 

Namun demikian, ternyata jaringan komputer sebenarnya sudah dicetuskan dari berpuluh – puluh tahun yang lalu ide tersebut kemudian dikembangkan dalam pembuatan sistem jaringan komputer. Sejarah jaringan computer (Computer Network) dimulai dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang dibuat oleh proyek untuk pengembangan komputer di laboratorium Bell dan group riset dari Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken.

 

Pada awalnya penemuan tersebut digunakan untuk memanfaatkan sebuah perangkat komputer untuk keperluan bersama. Idenya adalah untuk mengerjakan beberapa tugas tanpa membuang waktu kosong yang terlalu banyak, maka dibuatlah proses beruntun, sehingga program bisa dijalankan dalam beberapa komputer.

 

Kemudian pada tahun 1950-an ketika komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer.

Pada Tahun 1973 keatas dikenal sebagai Kelahiran dari internet atau jaringan internasional (International Network), Terdapat dua orang ahli komputer yang mengembangkan dan juga mengusulkan sebuah jaringan yang bersifat sangat luas dan dapat digunakan oleh semua orang di dunia. Vinton Cerf dan juga Bob Kahn adalah kedua orang tersebut, yang membuat sebuah gagaasan besar, yang sebenarnya menjadi sebuah cikal bakal dari terciptanya internet atau international network. Saat ini, internet pun sudah menjelma menjadi jaringan terbesar yang ada di dunia, dan dapat menghubungkan setiap orang di berbagai belahan dunia. (sumber : http://www.arisudibyo.com/2016/01/awal-mula-munculnyainternet.html)

2. Awal Mula InternetMulai dari sejarah awal terciptanya jaringan komputer hingga saat ini ada beberapa jenis jaringan computer yaitu :

 

1. LAN Jenis jaringan komputer yang pertama adalah LAN (Local Area Network). LAN sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat dalam jarak yang biasanya berdekatan dan menggunakan kabel sebagai saluran utamanya. LAN biasanya digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dalam satu rumah, atau beberapa komputer yang tersambung dengan kabel tetapi masih dalam satu atap. LAN juga diterapkan di berbagai warnet yang menghubungkan banyak komputer ke satu server, di sebuah ruangan kantor untuk menghubungkan beberapa perangkat ke satu komputer, server, hingga printer, dan lain sebagainya

 

2. MAN Metropolitan Area Network atau MAN, seperti namanya merupakan jaringan yang digunakan untuk menghubungkan berbagai komputer atau perangkat dalam area sebuah kota. Jaringan yang jangkauannya lebih besar dari LAN ini bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan komputer di satu lembaga ke lembaga lainnya dalam satu wilayah administratif.

 

3. WAN Wide Area Network atau WAN merupakan jenis jaringan komputer yang menghubungkan beberapa perangkat, komputer, atau berbagai macam tipe jaringan lainnya (seperti LAN dan WLAN), dalam jarak jangkauan yang cukup jauh, bahkan bisa antar negara. Dengan WAN, data di dalam komputer yang terletak di Indonesia, misalnya, bisa ditransfer dengan mudah dan cepat ke komputer di negara lainnya, misalnya ke Amerika Serikat (AS). Contoh mudah penerapan WAN adalah jaringan internet yang umum dipakai selama ini, di mana WAN akan menghubungkan perangkat dengan sebuah komputer atau server yang di negara lain.

 

4. PAN Personal Area Network (PAN) adalah jenis jaringan komputer yang biasanya menghubungkan berbagai perlengkapan elektronik milik pribadi yang dikelola oleh orang itu sendiri. Salah satu contoh sederhana dari penggunaan PAN adalah menghubungkan perangkat printer ke komputer atau menghubungkan komputer dengan speaker bluetooth.

 

5. WLAN Wireless Local Area Network (WLAN) WLAN bisa dibilang sama dengan LAN, tetapi jaringan tipe ini tidak memerlukan kabel untuk menghubungkan banyak perangkat. Melalui teknologi wireless seperti WiFi, WLAN punya fungsi sama dengan LAN, sehingga bisa digunakan untuk menyambungkan komputer, server, printer, dan lain sebagainya dalam sebuah jangkauan kecil. Contoh penggunaan WLAN adalah terhubungnya beberapa perangkat dari sejumlah rumah di area kecil, atau di satu blok komplek dengan satu jaringan WiFi. Perlu dicatat, perangkat yang ingin memanfaatkan jaringan WLAN tentunya harus sudah dibekali dengan dukungan teknologi WiFi.

 

6. CAN Campus/Corporate Area Network (CAN) adalah jaringan yang menghubungkan aneka perangkat dan komputer dalam sebuah instansi pendidikan seperti sekolah, kampus, universitas, institut, dan lain sebagainya. CAN juga bisa digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat dalam satu bangunan perusahaan yang memiliki banyak ruangan. Untuk segmen sekolah, CAN sendiri biasanya digunakan untuk mempermudah proses administrasi dan akademik dari sebuah lembaga pendidikan tersebut, seperti memproses nilai, menginput performa peserta didik, dan lain sebagainya.

 

7. SAN Storage-Area Network (SAN) adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer dengan sejumlah media penyimpanan (storage) berkemampuan tinggi dalam sebuah server. Sebuah perangkat bisa mengakses jaringan SAN ini, begitu juga mengambil data yang ada di dalamnya jika mereka terhubung dengan server yang menjadi jembatan untuk media penyimpanan tersebut.

 

8. POLAN Jaringan POLAN (Passive Optical Local Area Network) dipakai sebagai alternatif dari LAN. Namun, alih-alih menggunakan kabel biasa, POLAN memanfaatkan kabel fiber optik untuk melancarkan proses transmisi antar perangkat. Kabel fiber optik sendiri dikenal memiliki performa yang cukup cepat untuk mentransmisikan data dari suatu perangkat ke perangkat lainnya. Jaringan POLAN biasanya dipakai untuk menyambungkan fiber optik ke perangkat router, sehingga nantinya internet bisa disalurkan ke gadget di sekitarnya melalui jaringan WLAN.

 

9. EPN Enterprise Private Network (EPN) biasanya digunakan untuk menyambungkan berbagai perangkat, storage, komputer, dan lain sebagainya dalam satu perusahaan besar. Kegunaan EPN tentunya ada di segi keamanannya, sehingga jaringan EPN biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang menyimpan berbagai data krusial, seperti data pribadi pengguna. Contoh kegunaan EPN adalah menghubungkan jaringan perusahaan cabang dengan kantor pusat, mentransfer data dari bangunan di sebuah kampus ke bangunan lainnya tanpa menggunakan intenet, dan lain sebagainya.

 

10. VPN Virtual Private Network (VPN) adalah suatu jaringan yang bisa digunakan untuk membuat kegiatan internet pengguna menjadi lebih aman dan tak bisa dilacak. Pasalnya, jaringan VPN memungkinkan koneksi internet pengguna terhubung ke suatu jaringan pribadi yang dimiliki suatu perusahaan atau server. Dari sana, koneksi internet atau data yang dikirim pengguna bakal diteruskan ke server atau komputer yang ingin dikomunikasikan, sehingga data seakan-akan dikirimkan dari lembaga tersebut, padahal itu dikirim oleh pengguna. Contoh dari jaringan VPN adalah menggunakan suatu layanan VPN, seperti 1.1.1.1, NordVPN, ExpressVPN, dan lain sebagainya untuk mengakses berbagai situs web luar negeri atau website terlarang yang diblokir.

 

Inilah Artikel Tentang JARINGAN KOMPUTER SELALU BEREVOLUSI SETIAP WAKTU, Semoga Menambah Sedikit Wawasan Anda Tentang Dunia Teknologi, Sekian Dan Terima Kasih. (*)

error: Maaf Konten Di Proteksi