Diskusi Publik Peran Mahasiswa Dalam Pemilu Serentak 2024

 

 

Lubuklinggau, BLLG- Universitas Musi Rawas baru -baru ini menyelenggarakan Kegiatan Kuliah Umum Dan Diskusi Publik yang bertema “Peran Mahasiswa Dalam Pemilu Serentak 2024” . Rabu (31/05/23)

 

 

Hadir dalam Acara Kegiatan tersebut Ketua Bawaslu Lubuklinggau Mursyidi, S.Pd, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lubuklinggau Andri Affandi, S.Pd, Dekan Fisip Unmura Drs. Juliman, M.Si Dekan l Anton Mardoni, S.Ip., M.Si Dekan ll Hartawan, SH., MH, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Himpunan Mahasiswa (Hima).

 

Acara kegiatan berlangsung aman dan lancar bertempat di gendung Paripurna Universitas Musi Rawas

 

 

Ketua BEM Universitas Musi Rawas, Dewa Ibanez Putra saat di wawancarai awak media mengatakan kegiatan sosial ini menjadi wujud kepedulian kami sebagai mahasiswa terhadap lingkungan sekitar dan juga sebagai bentuk kepedulian sosial kami.

 

“Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi Mahasiswa/i guna meningkatkan semangat dan motivasi dalam mengejar cita-cita mereka”, ungkapnya

 

Sementara itu, Andi Affandi selaku Komisioner KPU Lubuklinggau menyampaikan melalui peran aktif mahasiswa dalam pemilu serentak pada tahun 2024. KPU dapat memastikan bahwa pemilihan umum berjalan dengan fair dan efektif.

 

“Mahasiswa dapat membantu mengawasi pelaksanaan pemilu, karena peran sebagai kontrol sosial.KPU juga berharap mahasiswa dapat menjadi motor untuk menangkal isu, money politik dan hoax” ungkap Andi

 

Lebih lanjut Andi mengatakan mahasiswa dapat terpilih aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan KPU membangkitkan kesadaran pemilih, dan membantu mengembangkan teknologi untuk pemilu.

 

Dengan demikian partisipasi masyarakat, dan khususnya mahasiswa, akan membuat pemilihan umum lebih demokratis dan memberikan kesempatan terbaik bagi terpilihnya pemimpin yang terbaik bagi masyarakat.jelasnya.

 

Ikut memberikan Materi Dekan Fisip Unmura Drs. Juliman, M.Si menyampaikan bagi mahasiswa, Pemilihan Umum merupakan salah satu kegiatan penting dalam demokrasi yang perlu kita dukung.

 

“Sebagai mahasiswa, kita diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam pemilihan umum, baik sebagai pemilih maupun sebagai pengawas TPS ataupun sebagai partisipan aktif dalam kampanye sosialisasi” ungkapnya

 

Dalam hal ini, saya menaruh harapan besar kepada setiap mahasiswa untuk dapat berpartisipasi aktif dalam pemilihan umum. Saya juga mendorong mahasiswa untuk mendukung kegiatan sosialisasi pemilu dan melibatkan diri dalam kampanye pemilu yang fair dan profesional.

 

Terakhir, saya juga menghimbau ke seluruh mahasiswa untuk merespon positif pelaksanaan Pemilu Serentak pada tahun 2024 dengan ikut serta dalam pemilihan umum yang dilakukan dengan semangat demokrasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas dan etika.

 

Kita semua harus memastikan bahwa pemilihan umum akan berjalan dengan fair dan terbuka dalam menghasilkan pemimpin terbaik untuk masa depan Indonesia.tutup Drs. Juliman, M.Si

Wartawan: Ali baba

error: Maaf Konten Di Proteksi