Teman Luar Biasa Berekspresi di Museum

Lubuklinggau, BLLG- Bentuk kepedulian terhadap “Teman Luar Biasa”, Komunitas Indonesia Berbagi Cerita (IBC) dan Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Barokah Kota Lubuklinggau mengadakan kegiatan memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2022, Minggu (11/12).

Kegiatan dengan tema “Teman Luar Biasa Berekspresi di Museum” ini terbentuk oleh kolaborasi Komunitas IBC dan Yayasan PKBM Barokah yang berfokus pada pendidikan dan pengabdian sebagai panitia pelaksana, bersama Museum Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya Lubuklinggau yang berfokus pada pengenalan sejarah dan perjuangan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan, serta Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas sebagai peserta kegiatan.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Kota Lubuklinggau khususnya para pelajar, untuk mengenal sejarah peradaban melalui koleksi benda-benda masa lalu yang berkaitan erat dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Museum Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya bisa dikunjungi dihari kerja baik secara individu maupun kelompok.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Eric Rahman, S.T menyampaikan suatu kehormatan baginya diamanahkan untuk menjadi ketua pelaksana dalam kegiatan yang dihadiri oleh teman-teman luar biasa.

“Teman-teman luar biasa harus punya ruang untuk berekspresi dan memiliki kesetaraan yang sama dalam hal memperoleh pendidikan dan meningkatkan kemampuan diri,” katanya.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut diikuti oleh 44 anak luar biasa dari SLBN Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas, yang diantaranya 10 anak menampilkan pertunjukan tari kreasi dan pantomim, 34 anak melukis dan mewarnai. Kemudian anak luar biasa juga diajak berkeliling museum serta belajar Aksara Ulu Sumatera Selatan. Selain itu, yang paling utama dalam kegiatan ini, lukisan dari Teman-teman Luar Biasa dilelang secara offline pada saat acara berlangsung dan juga online yang masih berlangsung selama dua minggu kedepan hingga tanggal 25 Desember di instagram @indonesiaberbagicerita dan @pkbmbarokahllg, hasil dari lelang tersebut dibelikan buku baru untuk kemudian disebar ke Taman Baca Masyarakat di Indonesia dengan memprioritaskan area Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Musi Rawas Utara.
“Supaya Teman Luar Biasa juga merasakan kebermanfaatan dari kegiatan yang mereka lakukan,” ungkapnya.

Eric mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan yang telah hadir dan sponsor diantaranya PT Evans Lestari sebagai sponsor utama, kemudian DPRD Kota Lubuklinggau, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau, Qisa, Say Story & Bakery, Soju Cake, DT Peduli, Hypermart, Juragan Basreng Linggau, Berbagi Nasi Linggau, Fotocopy “Murah” Megang Sakti, LDK AL-FATEH Universitas Bina Insan, Rabbani, Permen Asem Manis Mama Mimi dan Pb_linggau yang sudah memberikan dukungan demi terlaksananya kegiatan serta Media Partner; Diskominfo Lubuklinggau, Info Lubuklinggau dan Berita Lubuklinggau yang sudah mempromosikan dan mempublikasikan kegiatan. Tak lupa apresiasi terhadap tim hebat yang sudah mengorbankan waktu, pikiran, tenaga bahkan materi demi keberlangsungan kegiatan ini.

Ia berharap dengan mengutip kalimat dalam buku yang berjudul “Duduk Dulu, Jangan Lupa Jadi Manusia” karya Syahid Muhammad. “Semoga kita selalu punya waktu dan keberanian, untuk menyegerakan sesuatu yang membaikkan,” harapnya.

Di penghujung sambutan, ia juga mengucapkan Selamat Hari Disabilitas Internasional 2022.
“Salam Literasi, Panjang umur hal baik, Teman Luar Biasa, Museum Di hatiku,” ujarnya. (*)

Penulis: LorenzaEditor: Rah Zainal
error: Maaf Konten Di Proteksi