Melalui Pegabdian Masyarakat Universitas Bina Insan Hadir memberikan Skill Urban Farming dan Kesadaran Hukum di IPWL Yayasan Karunia Insani Musi Rawas.

Lubuklinggau, BLLG –Dosen dan mahasiswa Universitas Bina Insan melaksanakan kegiatan Pegabdian Kepada Masyarakat (PKM). Pegabdian kepada masyarakat adalah kegiatan yang didasarkan atas kebutuhan, tantangan, persoalan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung untuk pemenuhan martabat kemanusiaan.

Untuk itu Universitas Bina Insan hadir berkontribusi untuk pembagunan masyarakat di era revolusi 4.0. Kegiatan pegabdian ini dilakukan pada tanggal 17 Desember 2022 di IPWL Yayasan Karunia Insani Musi Rawas.

Menurut ketua pelaksana Neksidin, SPi., MSi Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pembekalan skill urban farming berupa budidaya tanaman hidroponik dan budidaya ikan lele diember.

Pembekalan ini dilakukan oleh dosen Fakultas Ilmu Tanaman dan Hewani (FAKULTANI). Pembekalan skill urban farming ini diharapkan dapat menjadi bekal kepada anggota rehabilitasi setelah kembali ke masyarakat dan dapat menambah kegiatan positif selama menjadi anggota di IPWL Yayasan Karunia Insani Musi Rawas.

Selama kegiatan berlangsung tidak hanya materi namun dilakukan praktek langsung tentang proses pembuatan budidaya ikan di ember dan cara pembuatan hidroponik sederhana dari botol bekas dan styrofoam serta pembuatan nutrisi hidroponik tersebut.

Kegiatan positif yang lain dari pegabdian ini adalah pembahasan tentang pasal-pasal dan ketentuan hukuman bagi Korban Penyalahgunaan Napza (KPN) oleh dosen program studi Ilmu hukum. Sehingga para anggota rehabilitasi disadarkan kembali untuk menjauhi dan tidak terlibat lagi dengan NARKOBA karena narkoba pangkal kejahatan dan kehancuran.

Sehingga diharapkan anggota rehabilitasi bisa semakin bermanfaat bagi masyarakat di era revolusi 4.0. Adapun dosen Universitas Bina Insan yang terlibat dalam pegabdian ini terdiri dari , Dr. Erna Siaga, SP, Dr. Ir. Sugito Loso, MM.,M.Si, Devi Anggreni. Sy, S.H., M.H, Wawan Fransisco, S.H., M.H, Ahmad Fuadi, S.H.I., M.H, Fitriyani, S.H., M.H, Ardi Muthahir, S.H., M.H, Cindi Wulandari, M.Kom, Santa Maria Lumbantoruan, SP., MP, Maria Paulina, S.P., M.Si, Selviana Anggraini, SP., MP, Rudiansyah, S.Pi., M.Si, Sri Murtini, S.Pi., M.Si, Anna Heirina, S.Kel., M.Si. (*)

error: Maaf Konten Di Proteksi