Kaprodi UNIVBI Lubuklinggau Wawan Fransisco, Dosen Kompeten Dengan Segudang Pengalaman

Lubuklinggau, BLLG – Tak dapat disangkal bahwa Kota Lubuklinggau kini telah berkembang pesat menjadi kota metropolitan. Bahkan saat ini Lubuklinggau menjadi kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera Selatan setelah Kota Palembang. Kota Lubuklinggau sudah menjadi role model daerah sekitarnya baik dari segi kesehatan, pembangunan, terutama pendidikan.

Tak berlebihan rasanya apabila berbagai universitas dan perguruan tinggi membangun kampusnya di Kota Lubuklinggau, salah satunya adalah Universitas Bina Insan Kota Lubuklinggau. Universitas ini diisi oleh para pengajar yang luar biasa kompeten dengan segudang pengalaman. Tak terkecuali Kepala Program Studi (Kaprodi) Hukum Fakultas Ilmu Ekonomi dan Sosial Humaniora Universitas Bina Insan (UNIVBI) Lubuklinggau.

Berita Lubuklinggau berkesempatan melakukan wawancara kepada Wawan Fransisco, Ketua Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Bina Insan dan Kaprodi Hukum Fakultas Ilmu Ekonomi dan Sosial Humaniora Universitas Bina Insan Lubuklinggau.

Dari hasil wawancara Berita Lubuklinggau didapat informasi segudang pengalaman beliau.

Wawan Fransisco merupakan putra asli daerah Musi Rawas Utara (Muratara) tepatnya Desa Batu Gajah, Kecamatan Rupit. Saat ini, Wawan Fransisco merupakan Kepala Program Studi Hukum Universitas Bina Insan sejak 2022 sampai sekarang.

Kaprodi Univbi ini pernah bersekolah di SD Negeri Batu Gajah, Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara tahun 1996-2001. Kemudian melanjutkan studi di SMP Negeri Maur, Kabupaten Muratara angkatan 2004 sampai lulus, sempat juga mengenyam pendidikan di SMU Plus Bina Satria Rupit, Kabupaten Muratara Tahun 2007.

Setelah lulus SMU, Wawan Fransisco melanjutkan pendidikan sarjana di Prodi Hukum, Fakultas Hukum Universitas Islam Malang, Jawa Timur. Setelah mendapatkan gelar sarjana , Wawan Fransisco pun meneruskan kuliah Magister di Universitas yang sama.

Selain pendidikan formal, Wawan Fransisco juga menjadi dosen tetap program Studi Manajemen STIE Musirawas 2012-2018. Selain menjadi dosen tetap Program Studi Manajemen STIE Musirawas, Wawan Fransisco juga menjadi dosen tetap Program Studi Hukum Fakultas Ilmu Ekonomi dan Sosial Humaniora Universitas Bina Insan dari Tahun 2019-sekarang.

Pada Tahun 2015-2018 Wawan Fransisco juga menjabat sebagai Subseksi Konsultasi Hukum Yayasan Pendidikan Dwi Tunggal Palembang. Sementara Tahun 2015-2016 Wawan Fransisco juga menjadi Kabag Pengarsipan STIE-STMIK Musirawas serta Staf Sekretariat YPDT Palembang.

Tak hanya itu, pada Tahun 2017 ia juga menjabat sebagai Ketua Sistem Pejaminan Mutu Internal STIE-STMIK Musirawas. Satu tahun setelahnya, tepatnya pada Tahun 2018, Wawan Fransisco juga menjadi Puket (Pembantu ketua) 3 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musirawas. Di tahun 2019-2020 dirinya menduduki jabatan baru Sebagai Kabag Kemahasiswaan Fakultas Hukum, Komputer, dan Pertanian. (*)