Walikota Taman Bibit Durian asal Linggau di Kota Padang

 

PADANG, BLLG- Kota Lubuklinggau dikenal sebagai kota penghasil durian terbaik di Sumatera Selatan (Sumsel). Dalam kegiatan rangkaian APEKSI XV Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe bersama Walikota seluruh Indonesia berkesempatan menanam bibit durian di UPTD Balai Pertanian Kota Padang.

 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial. Ia menyampaikan bahwa ada sejumlah wali kota yang membawa sendiri bibit buah durian dari daerahnya masing-masing. Diantaranya wali kota Pontianak, Dumai, Lubuklinggau, Samarinda, Banjarmasin, Pekanbaru, Baubau, Gorontalo dan Sawahlunto.

 

Menurutnya, para wali kota yang hadir dalam APEKSI XV bisa kembali ke kebun buah APEKSI 2022 tiga tahun kemudian dan mereka pun sudah bisa memanen durian yang ditanam di lokasi tersebut.

 

Penanaman bibit durian merupakan rangkaian kegiatan rapat kerja nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XV.

 

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan penanaman bibit durian ini merupakan yang pertama dalam sejarah APEKSI.

 

“Menanam bibit sebenarnya sudah menjadi tradisi APEKSI. Akan tetapi penanaman bibit durian ini merupakan kali pertama dan Kota Padang sebagai inisiator,” kata Hendri Septa.

 

Politikus PAN itu berencana akan menjadikan lokasi penanaman bibit durian sebagai kebun APEKSI. Bibit yang ditanam di UPDT Balai Pertanian Kota Padang akan dipindahkan pada tempat yang sebenarnya.

 

“Nanti bibit durian ini akan dirawat dan dikelola Dinas Pertanian Kota Padang,” tambahnya. Ada enam jenis bibit durian yang ditanam selama kegiatan.(*)