UPBU Silampari  Tindak Lanjuti Rencana Pengembangan Drone Cargo

Berpotensi Tingkatkan PAD

LUBUKLINGGAU, Bllg.com – Rencana pengembangan Drone Cargo di Kota Lubuklinggau dirasa sangat tepat jika sampai terealisasi. Demikian disampaikan Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBUD) Silampari, Mega Hardiansyah, kepada awak media usai rapat pembahasan tindak lanjut rencana pengembangan Drone Cargo, di Amazing Hotel, Rabu (23/6/2021).

Menurut Mega (sapaan akrab Mega Hardiansyah, red), dari sisi emergency dan urgency atau kedaruratan, pemanfaatan teknologi Drone Cargo tersebut, lebih unggul. Sebab, lanjut dia, Drone Cargo termasuk alternatif jasa pengiriman ataupun pengangkutan barang yang minim rintangan.

“Sebab beroperasinya melalui udara, jadi minim rintangan. Sekaligus juga sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Mega.

Meski begitu, Mega mengakui, realisasi penggunaan Drone Cargo di Kota Lubuklinggau, masih menunggu regulasi yang harus disesuaikan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). “Seperti batas ketinggian terbang drone, dan spesifikasi drone yang mumpuni untuk melakukan pendistribusian barang,” jelasnya.

Selain itu, sambung dia, dengan kehadiran Drone Cargo, bukan berarti menggantikan peran dan tugas kurir pengiriman barang. Melainkan, menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mengirimkan barang ke tujuannya.

“Di Negara Singapura, Drone Cargo sudah beroperasi dan antusiasme masyarakat disana, cukup besar. Sementara di Kota Lubuklinggau yang notabene merupakan kota jasa, tentu akan sangat membantu dalam hal pengiriman barang,” beber Mega.

Di kesempatan yang sama, Perwakilan Biro Keuangan Kemenhub RI, Irwandi menambahkan, saat ini Kemenhub masih mengkaji rencana pengembangan Drone Cargo. Menurutnya, Kota Lubuklinggau cukup strategis untuk dijadikan pilot project Drone Cargo itu.

“Terlebih, sambutan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau juga ternyata antusias. Maka kami akan mengkaji lebih dalam lagi untuk pemanfaatan Drone Cargo di Kota Lubuklinggau ini,” terang Irwandi.

Untuk diketahui, belum lama ini, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brojonegoro memprediksi, program Drone Cargo bakal menjadi tren teknologi di masa depan, baik untuk keperluan militer maupun sipil.

Bambang mengatakan, teknologi drone juga memiliki peranan penting untuk membawa kargo. Karena saat ini, kegiatan ekonomi membutuhkan pergerakan barang antar daerah yang semakin tinggi. (DO)

error: Maaf Konten Di Proteksi