Scuba Diving (Menyelam), Olahraga Rekreasi Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

 

Berita Lubuklinggau- Menyelam atau scuba-diving merupakan termasuk jenis olahraga ekstrim yang menantang adrenalin. Tidak hanya sebagai olahraga yang menarik, menyelam juga termasuk sebagai aktivitas yang dimanfaatkan sebagai ajang rekreasi.

 

Karena keindahan alam bawah laut Indonesia, menyelam menjadi semakin populer untuk dilakukan dewasa ini. Namun menyelam atau scuba diving umumnya dijadikan sarana rekreasi sekaligus olahraga yang menyehatkan tubuh.

 

Scuba merupakan singkatan dari Self-Contained Underwater Breathing Apparatus, yang menggunakan peralatan menyelam, seperti tabung oksigen, regulator, tangki, dan alat penambah berat untuk menjelajah alam bawah laut.

Sambil bertadabur alam menikmati keindahan alam yg ada di bawah laut guna meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Bahwasanya tiada yg bisa menandingi kuasa Allah yg telah menciptakan alam semesta di dunia ini.

Adapun manfaat yang diperoleh dari menyelam yaitu antara lain sebagai berikut:

1.Membantu melenturkan otot

Dengan menyelam, otot-otot tubuh Anda akan semakin melentur sehingga akan memudahkan Anda untuk menyelam. Meskipun pada awalnya otot penyelam kaku, namun apabila sering melakukan aktivitas selam maka otot-ototnya akan semakin lentur.

 

Layaknya manfaat yang pertama, dengan menyelam otot-otot akan mendapatkan banyak tarikan dan tekanan sehingga dapat semakin lentur.

2. Membuat tubuh semakin lincah

Menyelam dapat membuat tubuh semakin lincah karena terdapat gerakan-gerakan atau trik-trik khusus yang digunakan selama menyelam, seperti mengayuh dengan kaki, sedikit gerakan tangan serta lekukan tubuh.

 

Untuk melakukannya, diperlukan kecepatan agar gerakan lebih stabil. Dengan kata lain, menyelam dapat melatih kelincahan tubuh secara tidak langsung.

3. Membantu sistem pernapasan

Menyelam dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menggunakan peralatan lengkap, sedang maupun tidak menggunakan peralatan sama sekali.

 

Apabila Anda menyelam tanpa menggunakan peralatan, hal ini akan dapat membantu melatih sistem pernapasan Anda karena mau tidak mau harus menahan nafas di dalam air. Cara ini cukup efektif untuk melatih napas agar lebih panjang.

 

Selain itu, apabila menyelam menggunakan tabung pun secara tidak langsung dapat membantu sistem pernapasan karena kita harus menghemat tabung oksigen.

4. Membantu meningkatkan fokus

Selama melakukan aktivitas selam, otak dan otot Anda dituntut untuk fokus dalam melakukan setiap gerakan agar dapat terkoordinasi dengan baik. Selain itu, menyelam juga dipercaya dapat membuat otak lebih segar dan membantu meningkatkan konsentrasi.

5. Membantu mengatasi stres

Bagi Anda yang sedang mengalami stres, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba melakukan penyelaman. Keindahan biota laut di bawah air ketika Anda menyelam dapat membantu Anda untuk membuat lebih rileks dan membantu menurunkan stress Anda.

 

Dengan menyelam, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang indah serta Anda pun dapat berlama-lama di dalamnya untuk membantu mengatasi rasa stres Anda.

 

Penulis : Levia Sendiyar Mahasiswa Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau

 

 

 

 

 

 

 

 

error: Maaf Konten Di Proteksi
Exit mobile version