PKBM Mengabdi 2.0, Jelajah Kawasan Wisata Petualangan Goa Rujuk Muara Cabang

 

Lubuklinggau, BLLG- Proses Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berfokus pada kegiatan belajar masyarakat, yang bertujuan dari masyarakat untuk masyarakat. Berfokus pada literasi, pendidikan, ekonomi kreatif, dan pengabdian masyarakat.

 

Jelajah kawasan wisata petualangan Goa Rujuk mempunyai atraksi wisata seperti pendakian bukit duri, selusuri batuan besar, pemandian kali bening, dan edukasi kopi karet. Untuk rencana fasilitasnya akan disediakan camping ground dan homestay omah panggung.

 

Inspirasi PKBM Mengabdi 2.0 ini dikarenakan adanya kesadaran masyarakat dari muara cabang yang sudah berpotensi memiliki wisata seperti Goa Rujuk.

 

Ketua PKBM, Pidadari mengatakan “Kesadaran dari masyarakat untuk bangkit dan maju. Dari Muara Cabang yang sudah berpotensi, kami mencoba membuat program kegiatan untuk membangun fasilitas wisata dan sosial sebagai bentuk kepedulian masyarakat sekitar,” tutur Pidadari saat diwawancarai tim Berita Lubuklinggau pada, Minggu (21/8/22).

 

Persiapan PKBM Mengabdi 2.0 ini dilakukan 2 minggu dan kegiatan dilaksanakan 2 hari pada Sabtu – Minggu, 20-21 Agustus 2022.

 

Tak hanya PKBM, namun disini juga berkolaborasi dengan Literasi Indonesia Berbagi Cerita dan Pelopor Sosial Pelajar Lubuklinggau (PSPL).

 

Roka, Volunteer Literasi mengatakan “Literasi Indonesia berbagi cerita tentang pengalaman hidup, wawasan, dan pengetahuan. Literasi merupakan pemerataan minat baca, dan sekarang sedang berkolaborasi bersama PKBM dalam kegiatan PKBM mengabdi dalam menyalurkan buku-buku yang sudah didonasikan dari donatur dan membawakan buku-buku disetiap tempat kami mengabdi,”

 

“Harapannya untuk anak-anak Indonesia mudah-mudahan dengan meratanya buku bacaan bisa meningkatkan minat baca yang sudah lama tidak fokus kemudian akhirnya kurang sekali minat baca Indonesia tentang buku,” harap Roka. (Pretty)

Penulis: Pretty Editor: Rah Zainal
error: Maaf Konten Di Proteksi