Mengenal Sosok Kades Sungai Pinang Lesi Susanty, Perawat Desa yang Sukses Jadi Kades

Kades Sungai Pinang, Lesi Susanty bersama sang suami, Firdaus Cik Olah dan empat buah hatinya

DODO MAYDHANA ISMAN

Beritalubuklinggau.com –Rabu(30/6/2021), menjadi salah satu momen paling penting dalam hidup seorang Perawat yang bertugas di salah satu Puskesmas di Kecamatan Muara Lakitan. Perawat itu bernama lengkap, Lesi Susanty Firdaus. Ia resmi dilantik sebagai Kepala Desa (Kades) Sungai Pinang, Kecamatan Muara Lakitan, oleh Bupati Musi Rawas (Mura), Hj Ratna Machmud di Ruang Auditorium Pemkab Mura.

Usai prosesi pelantikan sebagai Kades Sungai Pinang, Lesi, begitu wanita kelahiran asli Desa Sungai Pinang, Kecamatan Muara Lakitan, 20 Mei 1978 ini disapa, menceritakan perjalanan dirinya merebut simpatik warga Desa Sungai Pinang hingga memenangkan kontestasi Pilkades Mura 2020.

Kades Sungai Pinang, Lesi Susanty bersama sang suami, Firdaus Cik Olah dan empat buah hatinya

Lesi mengungkapkan, menjabat Kades Sungai Pinang, sudah dilakoninya sejak 2017 lalu. Namun saat itu, Lesi bertindak sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) kades terdahulu yang dijabat sang suami, Firdaus Cik Olah yang kini menjabat Wakil Ketua I DPRD Mura.

 

“Kalau mencalonkan diri sebagai Kades Sungai Pinang, baru di Pilkades 2020 tadi. Tapi sejak 2017 juga sudah menjabat sebagai PAW,” ungkapnya kepada beritalubuklinggau.com.

 

Namun begitu, saat beritalubuklinggau.com menanyakan cita-cita ibu empat anak ini, Lesi mengaku sebenarnya sejak kecil, dirinya bercita-cita menjadi perawat. Alasannya, lanjut dia, saat masih kecil, ia melihat profesi perawat merupakan suatu pekerjaan yang mulia.

 

“Merawat orang sakit, sampai membantu tugas seorang dokter. Alhamdulillah, cita-cita itu sudah tercapai juga,” tutur Lesi yang memang bergelar Ahli Madya Keperawatan (A.Md.Kep, red) itu.

 

Bagi Lesi, sosok yang paling berperan penting hingga dirinya sukses menjabat Kades Sungai Pinang ini, tak lain adalah suaminya tercinta Firdaus Cik Olah atau yang lebih dikenal dengan sebutan FCO. “Selain suamiku Kanda Firdaus, tentunya keluarga besar, kerabat dan seluruh warga Desa Sungai Pinang turut berjasa dan berperan tak kalah penting,” tegasnya.

 

Tak lupa, Lesi juga menyebutkan, visi misi utamanya dalam mengemban amanah sebagai Kades Sungai Pinang ini adalah menuju Desa Sungai Pinang EMAS 2027, untuk Musi Rawas Mantab. “EMAS itu, artinya Ekonomi Mandiri, Agamis dan Sejahtera,” ujarnya.

 

Lesi berharap, bersama dirinya, warga Desa Sungai Pinang bisa bersama-sama membangun desa dengan semangat, tetap menjaga kekompakan, saling tolong menolong dan bahu membahu dalam bermasyarakat.

 

Di akhir perbincangan, sang suami turut menyampaikan harapan dan dukungannya untuk Lesy. “Semoga Amanah, untuk bisa membawa Desa Sungai Pinang lebih baik dan lebih maju lagi. Sesuai dgn Visi – Misi menuju Desa Sungai Pinang EMAS 2027,” ucap FCO yang juga menjabat Ketua DPD Golkar Kabupaten Mura itu. (*)