Kepala Sekolah MAN 1 Lubuklinggau Ikuti Uji Kompetensi Jabatan Kepala Madrasah Se-Sumsel

LUBUKLINGGAU– Baru baru ini Kepala Madrasah MAN 1 Lubuklinggau mengikut Pelaksanaan uji kompetensi pemetaan jabatan Kepala Madrasah di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan, uji kompetensi dilaksanakan di Gedung Graha Politeknik Negeri Sriwijaya, 25-26 Januari 2021.

Taslim Kepala MAN 1 Lubuklinggau, mengatakan,”Alhamdulillah kami telah melaksanakan uji kompetensi pemetaan jabatan Kepala Madrasah yang dilaksanakan Politeknik Negeri Sriwijaya.

Taslim menjelaskan untuk materi-materi yang dites dalam uji kompetensi yakni psikotes itu tentunya yang dilihat bukan hanya pengetahuan akan tetapi bagaimana nilai-nilai kesabaran, nilai ketahana kerja, kedisiplinan itu kembali direfresh dalam kegiatan ini.

Selain itu ada juga kegiatan diskusi studi kasus yakni kita diberi wacana sebuah kasus, kita diangkat menjadi konsultan untuk membuat langkah-langkah usulan kepada lembaga Kanwil Kementerian Agama untuk melakukan perbaikan sebuah kasus misalkan kasus Madrasah tertentu.

Kepala Sekolah MAN 1 Lubuklinggau Taslim S.pd M.si Sedang Mengikuti Ujian Kompetensi kepala Madrasah Se-Sumsel

Taslim menambahkan kemudian dihari yang kedua kami mengikuti kegiatan uji pengetahuan kompetensi Kepala Madrasah karena Kepala Madrasah ini kan sesuai dengan peraturan ada lima yakni kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi supervisi.

Dari lima kompetensi itu ditanyakan kepada kami karena itu memang sudah bidang kami, sudah kita lakukan selama ini jadi tidak ada kendala,”ungkapnya.

Lanjutnya, terakhir kami mengikuti kegiatan wawancara, dalam wawancara ini yang ditanya yakni aktivitas di Madrasah bagaimana langkah-langkah kita untuk menyelesaikan sebuah persoalan, membuat terobosan pengembangan madrasah.

“Saya rasa kegiatan ini sangat penting, kami rasakan betul manfaatnya untuk menambah motivasi kita dalam memimpin Madrasah MAN 1 Lubuklinggau kedepan,”tegasnya.

Harapan kedepannya melalui kegiatan ini mengingatkan kita tentang tugas dan fungsi kita sebagai Kepala Madrasah agar kita tidak lengah, yang tentunya paham dengan tupoksi kita dan mudah-mudahan yang saya pimpin ini kedepannya akan jauh lebih baik lagi.(*)