Kadis Kominfo Lubuklinggau Hadiri Raptek Dinas Kominfo se-Sumsel 

PALEMBANG,bllg.com-Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi didampingi Kabid Komunikasi Publik, Febrian Saputra, serta dari Bidang Telematika, M Riza Kamal dan Nata Suryapati, menghadiri acara rapat teknis (Raptek) dengan tema Harmonisasi dan Sinergitas dalam Membangun Tata Kelola SPBE, Satu Data Sumsel dan Konektivitas Wilayah Sumsel Menuju Transformasi Digital.

 

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo Provinsi Sumsel itu dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru diwakili Asisten Administrasi dan Umum Setda Provinsi Sumsel, Prof Dr Edwar Juliarta, MM, bertempat di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Kamis (18/3).

 

Dalam laporannya, Kadis Kominfo Provinsi Sumsel, H.Achmad Rizwan mengatakan dalam satu tahun terakhir ini para Kadis Kominfo menjadi instrument yang sangat penting dalam penanganan Covid-19. “Hal itu tidak lain, karena kita dipaksa mengenal teknologi seperti menggunakan aplikasi meeting zoom dengan segala pernak-perniknya,” ujar dia.

 

Walaupun sejauh ini sambungnya, jumlah kasus pandemi Covid-19 terus menunjukkan trend penurunan, namun seluruh elemen harus tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan yang ada.

 

Sementara itu, gubernur diwakili Asisten Administrasi dan Umum Setda Provinsi Sumsel, Prof.Dr.Edwar Juliartha,MM kembali menegaskan bahwa tata kelola SPBE merupakan landasan kebijakan yang ada di daerah. “Dari SPBE yang sudah kita gagas itu, banyak peluang meningkatkan proses kinerja yang kita lakukan,” tandasnya.

 

Ada tiga domain dalam SPBE kata Asisten, yakni, domain real-time, domain globalisasion, dan domain bigdata. “Kita juga meluncurkan program internet desa yang bisa diakses seluruh lapisan masyarakat di pelosok-pelosok daerah yang diharapkan bisa digunakan oleh masyarkat dengan sebaik-baiknya,” tambahnya.

 

Dirinya berharap dari acara ini, masing-masing Pemda dapat melakukan kebijakan membangun tata kelola SPBE, satu data dan konektivitas menuju transformasi digital

 

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber, masing-masing Kasubdit Jasa Telekomunikasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gunawan Hutagalung dengan materi Peran Kominfo Mendukung Tranformasi Digital di Daerah”.

 

Narsum kedua, Kepala BPS Provinsi Sumsel, Ir. Endang Try Wahyuningsih,MM dengan materi “Identifikasi Forum Satu Data Kabupaten/Kota se-Sumsel” Dan narsum terakhir, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Selatan, H. Wilson, SSos.,MM dengan materi “Peran Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dalam Menunjang Konektivitas Wilayah Sumatera Selatan”.

 

Selain Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Sumsel, kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas PMD se-Sumsel. (*)

error: Maaf Konten Di Proteksi