Juara! Syaelia Suja Aisi Hasna, Modeling Asal Kota Lubuklinggau Berprestasi di Ajang Grand Model Indonesia 2022

Lubuklinggau, BLLG – Prestasi yang mengharumkan Kota Lubuklinggau kembali di raih oleh salah satu putri terbaik Kota Lubuklinggau. Adalah Syaelia Suja Aisi Hasna, siswi Kelas XI SMAN 3 Lubuklinggau yang membuat harum nam Lubuklinggau melalui ajang Grand Model Indonesia 2022 yang diselenggarakan di Jakarta Utara pada 31 Oktober hingga 4 November 2022.

Remaja yang berusia 16 Tahun itu berhasil menyabet 1st Runner Up Miss Teen Grand Model Indonesia 2022 yang bersaing dengan 50 peserta terbaik lainnya dari kota dan provinsi se-Indonesia.

Selain itu, gadis cantik kelahiran 31 Juli 2006 itu juga mendapatkan predikat best talent Miss Teen 2022 dan berhak mengikuti kompetisi lanjutan tingkat Internasional di Dubai dan Filipina.

Suja, sapaan akrab buah hati Syafawi, S.H, dan Elly Gustimar, S.Ag itu mengaku memiliki trik unik untuk mendapatkan nilai plus dari juri.

“Talent show yang saya tampilkan di hadapan dewan juri dan teman-teman pada waktu itu yakni percampuran dari tarian daerah musi lalu ditengah lagu diganti, pertama dengan baju tari, kemudian diganti baju dance sehingga itu yang membuat dewan juri menilai saya dengan nilai plus,” ungkap Suja.

Selain itu, persiapan yang cukup dan tepat juga menjadi pendukung berhasilnya Suja diajang bergengsi tingkat Nasional itu. Beberapa hal yang disiapkan oleh Suja dan tim dari Lubuklinggau seperti Nasional Kostum, dress smaller, serta latihan talent show dan yang paling penting public speaking dan catwalk.

Suja tak lupa mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang turut andil dalam prestasi yang diraihnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada mama dan papa saya, terutama mama saya yang sudah selalu support saya sejak awal ikut modeling waktu masih SD hingga SMA bisa menjuarai Miss Teen Grand Model Indonesia ini,” ucapnya.

Ia juga berterima kasih kepada Dinas Pariwisata Kota Lubuklinggau, Ketua Dekranasda Kota Lubuklinggau Hj. Yetti Okatrina Prana, Kodim 0406 Lubuklinggau yang telah mensupport Produk UMKM Sere Wangi.

“Serta terutama kepada Almarhum Pak Darwis dan Kak Jaya yang selalu melatih saya menari,” tambahnya.

Suja sendiri mengaku ketertarikan kepada dunia modeling disebabkan karena ada banyak hal yang dapat diraihnya di dunia itu.

“Yang menarik dari modeling itu yang pertama kita bisa melatih kepercayaan diri, kalau misalkan kita lagi di depan panggung itu banyak yang melihat, awal-awalnya merasa malu, semakin lama kita mengikuti modeling melatih kita lebih maju ke depannya,” jelasnya.

Suja meminta doa dan dukungan dari seluruh warga Kota Lubuklinggau agar dapat mengharumkan nama Kota Lubuklinggau ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

“Terima kasih untuk semuanya yang sudah mendukung, harapan saya semoga saya bisa melanjutkan modeling ini ke tingkat Internasional dan semoga meraih juara,” harapnya.

Untuk rencana keberangkatan golden tiket ke Dubai dan Filipina sendiri direncanakan antara bulan Februari 2023 atau Maret 2023. Sekedar informasi Suja dalam tahap seleksi provinsi ikut dari Bangka Belitung karena yang menyelenggarakan seleksi di Sumbagsel dari Bangka Belitung.

Prestasi tersebut selain membuat warga Kota Lubuklinggau bangga, juga tentu membuat orang tuanya bangga dan bahagia. Seperti yang disampaikan Ibunda Suja, Elly Gustimar, mengungkapkan rasa bangganya sebagai orang tua dan menjelaskan rekam jejak putrinya tersebut yang sudah hobi modeling sejak usia dini. Sementara untuk pagelaran tahun ini, Suja tertarik mengikuti kontest tersebut karena ingin memperkenalkan budaya dan pariwisata yang ada di Kota Lubuklinggau.

“Makanya sebelum lomba, dia mempersiapkan diri dengan latihan tari kreasi untuk ditampilkan saat talent show, latihan catwalk, public speaking, dan mempersiapkan banyak busana seperti untuk evening gown, baju talent, ethnic costum dan sebagainya. Saya salut sama semangat Suja. Lalu dia ikut audisi pemilihan Perwakilan Grand Model Indonesia di Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung mewakili Zona Sumsel 1 Kota Lubuklinggau. Meski ini pengalaman perdana, saya bersyukur Suja bisa go Nasional dan bersaing dengan lebih kurang 50 finalis dari perwakilan seluruh provinsi se-Indonesia,” ungkap Elly.

Senada dengan Suja, Elly juga meminta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Kota Lubuklinggau agar Suja senantiasa diberikan kekuatan dan kesempatan untuk membawa nama Kota Lubuklinggau lebih harum lagi.

“Mohon doanya agar proses persiapan dan keikutsertaan Suja dalam mengikuti Miss Teen Grand Model Indonesia 2022 tingkat Internasional di Dubai dan Filipina berlangsung sukses dan bisa membawa nama harum Lubuklinggau, Sumsel, dan Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Lubuklinggau Khairul Anwar juga mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih Suja.

“Alhmdulillah kami sangat bangga dan senang atas prestasi yang diraih siswa kami Syaelia Suja Aisi Hasna sehingga bisa mengharumkan nama SMAN 3 Lubuklinggau dan Kota Lubuklinggau,” kata Khairul Anwar.

Khairul berpesan kepada Suja untuk terus berkarya dan berprestasi, jangan mudah menyerah serta terus gali prestasinya.

“Dan harapannya semoga bisa menstimulasi adik-adiknya di Kelas X dan Kelas XI untuk berprestasi seperti suja,” tutup Khairul Anwar. (*)