Tim Medis Lapas Narkotika Muara Beliti Sigap Dalam Pelayanan Kesehatan untuk WBP

 

MUSI RAWAS, BLLG – Tingkatkan taraf kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Tim Medis Lapas Narkotika Muara Beliti Kanwil Kemenkumham Sumsel terus sigap dan optimal memberikan pelayanan dan pengobatan kepada WBP yang ingin memeriksa kesehatannya. Selasa (05/04/2022).

 

Kegiatan yang dilaksanakan setiap hari ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan Pasal 14 Ayat 1 yang menyatakan hak-hak Narapidana, diantaranya adalah hak mendapatkan Perawatan, Pelayanan Kesehatan dan makanan yang layak.

 

Dalam kegiatan pada hari ini, ada beberapa warga binaan yang langsung ke klinik Lapas untuk berobat terkait sakit yang dialami. Perawat lapas, yang dalam hal ini dilakukan oleh Rike Oktalini langsung melakukan pemeriksaan terkait gejala yang dialami warga binaan tersebut.

 

Setidaknya Klinik Lapas Narkotika Muara Beliti menangani antara 150-200 orang warga binaan yang sakit setiap bulannya.

 

“Rata-rata sakit yang dialami oleh warga binaan adalah ISPA dan saluran pencernaan dan beberapa ada sakit kulit”, ujar Rike saat diwawancarai.

 

Untuk dapat diketahui, Lapas Narkotika Muara Beliti memiliki 4 orang tenaga medis perawat yang ditugaskan di klinik lapas dan belum ada dokter.

 

“Kendala yang dialami sekarang oleh lapas kita ini sekarang adalah belum adanya dokter khusus di Lapas. Mengingat Lapas kita khusus narkotika, jadi sakit yang timbul tidak hanya dari kesehatan jasmani, tapi terkadang juga kejiwaan” ujar Rike.

 

Menanggapai hal ini Kalapas Narkotika Muara Beliti, Rudik Erminanto melalui Kasi Binadik, Meta Putra menyatakan bahwa dalam mengatasi kendala dokter tadi, Lapas telah meminta bantuan dokter dari Lapas Lubuklinggau dalam melengkapi kekurangan tenaga medis yang ada.

 

Lapas Narkotika Muara Beliti juga ada program Rehabilitasi Sosial sebanyak 240 orang. Oleh karena itu, khusus mereka yang mengikuti program ini, dalam masalah pemeriksaan kesehatan, tim medis klinik Lapas langsung terjun ke blok pada setiap hari Selasa dan Kamis pada setiap pekannya.

 

Sementara itu, Kalapas Narkotika Muara Beliti Rudik Erminanto, menjelaskan bahwa kegiatan pelayanan pengobatan rutin dilaksanakan di Lapas Narkotika Muara Beliti.

 

“Kegiatan pemeriksaan kesehatan di klinik Lapas kita tentu rutin dilakukan, tidak hanya bagi warga binaan, tetapi juga kepada petugas Lapas. Hal ini demi tetap terjaganya kesehatan di lingkungan Lapas” tutup Kalapas.