Spektakuler Masa Ta’aruf MAN 1 Model Lubuklinggau Dihadiri Wawako dan Dibina TNI-POLRI

 

 

LUBUKLINGGAU, BLLG- Memasuki tahun ajaran baru, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Model Lubuklinggau menggelar tradisi tahunan madrasah yaitu Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) Kelas X tahun pelajaran 2022-2023, Senin (18/7/2022). Sebanyak 407 siswa/siswi kelas X akan dibina langsung di Mapolres dan Makodim 0406 Lubuklinggau.

 

Kegiatan pembukaan Matsama dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Lubuklinggau, H. Sulaiman Kohar. Wawako juga dalam kesempatan tersebut melakukan peletakan batu pertama pembangunan rehabilitas mushola menjadi Rumah Tahfidz Al-Ulum di lokasi MAN 1 Model Lubuklinggau.

 

Ikut mendampingi Wawako, Asisten lll Bidang Administrasi Umum, Herdawan, Kabag Kesra, M Tarmizi T, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan, H Dian Chandera, perwakilan dari Polres, Kodim 0406 Lubuklinggau dan tokoh masyarakat, HA Rahman Sani.

 

Dalam sambutannya, Wawako mengatakan atas nama pribadi dan Pemkot Lubuklinggau, dirinya mengapresiasi kegiatan ini. Banyak prestasi yang sudah dihasilkan MAN 1 Lubuklinggau. Hal itu tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi orang tua untuk menyekolahkan anaknya di MAN 1.

 

“Saya berharap MAN 1 Lubuklinggau selalu berinovasi guna berkiprah di Kota Lubuklinggau, semakin berprestasi dan membawa nama baik Lubuklinggau dalam skala nasional maupun internasional” imbuhnya.

 

Harapan Wawako sendiri sangat beralasan, pasalnya sejauh ini siswa MAN 1 Lubuklinggau meraih banyak prestasi. Diantaranya juara umum Olimpiade Sains tingkat Kota Lubuklinggau serta siswanya lulus di universitas ternama luar negeri. Selain itu di MAN 1 Lubuklinggau ada Tahfiz Al-Quran, oleh karena itu dibangunlah mushola menjadi Rumah Tahfidz Al-Ulum MAN 1 Lubuklinggau.

Terkait peletakan batu pertama pembangunan rehabilitasi mushola menjadi Rumah Tahfidz, Wawako mengajak masyarakat khususnya kaum muslimin untuk membantu proses pembangunannya, karena hal ini akan menjadi amal jariyah.

 

Sementara itu, Kepala MAN 1 Model Lubuklinggau, Taslim S.Pd, M.Si menyampaikan demi kelancaran kegiatan Matsama pihaknya bekerjasama dengan Polres Lubuklinggau.

 

“Nanti bagi siswa baru akan digembleng secara langsung oleh Polres Lubuklinggau terkait dengan kedisiplinan, mengenai siber, menghindari berita hoax, kriminalitas dan bahaya narkoba,” ujar Taslim.

Taslim juga menambahkan, para siswa yang baru akan dilatih secara langsung oleh TNI untuk mengikuti bela negara, agar para siswa siap menjadi pemimpin masa depan.

 

Hal tersebut juga mendapatkan dukungan penuh dari Komite MAN 1 Lubuklinggau.

Romi Wijaya, selaku Komite MAN 1 Lubuklinggau mengungkapkan jika komite sebagai mitra MAN 1Lubuklinggau sangat mendukung dan salut kepada Kepala MAN 1 Lubuklinggau karena berbagai macam ide brilian yang telah dicetuskan. Salah satunya ide untuk merenovasi mushola menjadi Rumah Tahfidz.

 

“Kami sudah melihat langsung hasil nyata dari perkembangan MAN 1 Lubuklinggau yang pesat. Maka dari itu kami dukung penuh bapak kepala MAN 1 Lubuklinggau,” ungkap Romi.

 

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Lubuklinggau, H. Abdul Harris Putra menyampaikan komitmennya adalah membangun Kota Lubuklinggau dengan berbagai macam cara. Sejauh ini di Kota Lubuklinggau sudah ada dua madrasah dan direncanakan akan dibangun madrasah di dekat makam pahlawan. Bahkan ada wacana membangun MAN 3 Cabang Palembang di Kota Lubuklinggau.

 

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pemkot Lubuklinggau yang telah membantu pembangunan madrasah dan memberikan hibah tanah kepada Kementerian Agama untuk pembangunan kantor,” tuturnya.( *)

error: Maaf Konten Di Proteksi