Resep Menu Cenil Singkong, Si Kenyal Manis Kawan Nongkrong

Lubuklinggau, BLLG – Cenil merupakan jajanan tradisional yang bertekstur kenyal dan disajikan dengan taburan kelapa parut. Umumnya cenil terbuat dari tepung kanji. Tetapi, Foodies juga bisa berkreasi dengan menambahkan singkong parut sebagai bahan utamanya.

Ingin menikmati Kue Tradisional Cenil Singkong Ketan Buatan Sendiri Yang Enak?
Simak pembahasan bahan-bahan dan cara untuk membuatnya, yuk Foodies langsung kita coba membuat Cenil Singkong Warna-warni Sederhana spesial!

*Bahan-bahan Cenil Singkong Warna-warni*

1. Siapkan 1 KG singkong parut.
2. Siapkan 3 sdm tapioka.
3. Siapkan 5 sdmĀ  gula.
4. Sejumput garam.
5. Siapkan 1 gelas belimbingĀ  air.
6. Siapkan secukupnya vanilli.
7. Siapkan sesuai selera pewarna.

*Bahan taburan*

1. Kelapa parut secukupnya
2. 1/2 sendok teh garam
3. 1 lembar daun pandan diikat simpul
4. Gula pasir untuk taburan kalau mau manis

*Langkah-langkah membuat Cenil Singkong Warna-warni*

1. Langkah pertama buat bahan taburan cenil nya yaitu kelapa parut. Campurkan kelapa parut, garam, dan daun pandan. Aduk rata. Lalu kukus parutan kelapa selama 15 menit. Setelah 15 menit, angkat dan biarkan uap dinginnya hilang. Sisihkan.

2. Peras singkong parut menggunakan serbet atau kain bersih dan jangan sampai terlalu kering. Campurkan parutan singkong dengan gula pasir, garam, vanili bubuk, dan tepung kanji. Aduk rata sampai semua bahan tercampur.

3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan masing-masing adonan beri pewarna makanan yang berbeda secukupnya. Aduk rata. Masukkan singkong parut ke dalam wadah lalu tambahkan gula, vanilli, tepung dan air, aduk rata bagi adonan menjadi beberapa bagian, untuk kali ini kita akan pakai 3 warna, merah, hijau pandan, dan pewarna kuning.

4. Didihkan air dalam panci untuk mengukus, bulat-bulatkan adonan untuk membentuk cenil (sesuai selera). Kukus selama 30 menit angkat lalu dinginkan, sajikan dengan kelapa parut yang sudah dikukus. Pisahkan setiap potongan cenil lalu gulingkan dalam bahan taburan yaitu kelapa parut yang sudah Foodies buat sebelumnya. Kalau Foodies suka manis, bisa beri taburan gula pasir secukupnya.

Lalu hidangkan selagi hangat, Cenil Warna-warni siap menemani tongkronganmu. Sangat mudah kan Foodies?

Yuk bangun dari tempat tidur, mulai hari dengan hal positif.
Banyak sekali resep makanan-makanan legendaris yang harus dicoba, and next nanti kita bahas resep apa lagi ya? Stay tuned Foodies dan berikan pendapatmu.