Program Promosi Usaha (Prosa) dan YPH-PUI Sambangi Hotel Dewinda Kota Lubuklinggau

*Coming soon aplikasi Si Bestie Prosa

Lubuklinggau, BLLG – Hikmah di balik Pandemi Covid 19 membuat kita hidup era serba digital dan online, tentunya pelaku usaha juga dituntut untuk terus berinovasi dengan perkembangan zaman saat ini. Berawal dari kondisi itulah, muncul ide kreatif Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Lubuklinggau yang mencoba menginisiasi program berbasis aplikasi online dengan tujuan membantu para pelaku usaha mempromosikan usahanya melalui program yang disebut Promosi Usaha (Prosa). Selain itu, DPMPTSP juga memberikan edukasi penting tentang pelayanan perlindungan terhadap pelaku usaha di Kota Lubuklinggau, bersama Yayasan Perlindungan Hukum Pelaku Usaha Indonesia (YPH-PUI). Sebagai bentuk keseriusan, DPMPTSP dan YPH-PUI menggelar sosialisasi Prosa kepada pelaku usaha yang diselenggarakan di Hotel Dewinda Kota Lubuklinggau, Senin (01/08/22).

Kepala DPMPTSP Kota Lubuklinggau, Hendra Gunawan, S.STP., M.Si, melalui Kabid Promosi Usaha, Rudi Wijaya, saat diwawancarai Berita Lubuklinggau mengatakan jika Prosa ini merupakan program yang menyentuh dan mengedukasi dari DPMPTSP Kota Lubuklinggau dalam rangka membantu pelaku usaha mempromosikan usahanya guna meningkatkan investasi.

“Mohon doanya ke depan Insya Allah kita akan launching aplikasi Si Bestie Prosa (Sistem Informasi Bangun Investasi dengan Promo Usaha). Mudah-mudahan dengan hadirnya aplikasi Si Bestie Prosa ini sebagai sarana untuk memberikan informasi tentang investasi yang ada di Kota Lubuklinggau. Sebagai mana dari aplikasi Si Bestie Prosa itu jadi seluruh investasi yang ada di kota Lubuklinggau ini dimasukkan di dalam layanan aplikasi Si Bestie Prosa,” ungkap Rudi.

Nah, Si Bestie Prosa ini selain memberikan informasi juga memberikan manfaat bagi masyarakat nantinya untuk mendapatkan keuntungan, baik dari segi keuntungan potongan harga atau diskon voucher yang sesuai diberikan dari pelaku usaha kepada masyarakat.

“Dalam aplikasi tersebut nantinya akan disediakan informasi tentang siapa saja atau perusahaan yang mana saja yang berinvestasi di Kota Lubuklinggau. Selain itu, juga akan memberikan gambaran tentang profil dari perusahaan tersebut, siapa tenaga kerjanya, dari mana tenaga kerja tersebut, dan lain sebagainya,” sambung Rudi.

Menariknya, yang bisa menerima manfaat dari aplikasi tersebut bukannya masyarakat Kota Lubuklinggau saja, tapi sampai kalangan masyarakat luar kota, informasi ini juga nantinya akan didapat oleh calon investor secara nasional maupun internasional yang ingin berinvestasi di Kota Lubuklinggau.

Sementara itu, Ketua YPH-PUI Kota Lubuklinggau, Andika Wira Kesuma, M.H, mengungkapkan kebahagiaannya bisa silahturahmi dengan Hotel Dewinda. Menurutnya Hotel Dewinda merupakan salah satu hotel yang sangat representatif, pilihan pelanggan, berada di pusat kota, serta hadir dengan pelayanan terbaik.

“Tentunya kami merasa sangat senang YPH-PUI terus hadir memberikan edukasi dalam setiap giat Prosa DPMPTSP Kota Lubuklinggau, untuk Hotel Dewinda juga sangat luar biasa karena sejauh ini sudah bagus dalam melaksanakan peraturan perundang-undangan,” jelas Andika.

Andika juga menghimbau agar Hotel Dewinda Lubuklinggau terus taat dalam hukum, dan jangan sungkan untuk menghubungi dan sharing mengenai permasalahan hukum.

“Kami dari YPH-PUI siap bersinergi jika suatu hari terjadi permasalah dan perkara hukum yang dialami pelaku usaha,” ungkap Andika.

Di tempat yang sama, General Manajer Hotel Dewinda, Indra Halim, menyampaikan pujiannya bahwa Prosa sangat bagus sekali karena mampu memberikan informasi promosi ke khalayak ramai. Dengan hadirnya Prosa ini terbentuk suatu informasi untuk pelaku usaha dan juga ada perlindungan hukumnya.

“Saya berharap ke depannya dengan Prosa ini dapat berkembang dan membentuk sebuah jaringan sehingga bisa membentuk suatu komunitas. Komunitas dan pengusaha ini di support oleh pemerintah serta mendapatkan perlindungan hukum yang hasilnya para pelaku usaha merasa nyaman dan yakin dalam berinvestasi di Kota Lubuklinggau,” ungkap Indra.

Indra menambahkan, dengan adanya rencana Prosa yang mengembangkan program-program informasi di luar daerah, tentunya pelaku usaha sektor perhotelan seperti dirinya berharap nantinya tamu-tamu dari luar daerah lebih tahu dengan hotel-hotel yang ada di Lubuklinggau.

“Sekali lagi terimakasih untuk tim dari DPMPTSP Kota Lubuklinggau dan YPH PUI Kota Lubuklinggau sudah hadir di Hotel Dewinda, semoga program ini berjalan sesuai rencana dan bermanfaat untuk masyarakat dan pelaku usaha serta sinergitas antara DPMPTSP kota Lubuklinggau dan YPH-PUI juga Hotel Dewinda ini terjalin dengan baik dan harmonis,” tutup Indra. (*)