PKBM Peringati Hari Bahasa Isyarat Internasional, Goa Rujuk Dijadikan Background Cinematography

Lubuklinggau, BLLG – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Barokah membuat project cover video music dalam rangka memperingati Hari Bahasa Isyarat Internasional pada 23 September 2022 untuk mendukung identitas linguistik dan keberagaman budaya teman tuli di Indonesia.

Project video music yang dibuat berjudul “Merakit” cover lagu by. Yura Yunita yang terinspirasi dari lirik kemudian dicoba aransemen ulang versi sendiri.

Ketua PKBM, Pidadariyuhni melalui salah satu member PKBM dan Co-Founder Indonesia Berbagi Cerita, Assyuro Cahya Pertiwi Marsal, mengatakan persiapan yang dilakukan untuk cover video music ini berlangsung kurang lebih 2 minggu.

“Persiapannya kurang lebih 2 minggu dari mulai reading, arahan director, penghafalan bahasa isyarat, persiapan property, survey lokasi, dan syuting selama 2 hari,” ucap Assyuro.

Lokasi syuting hari pertama hanya dilakukan di dalam ruangan dan syuting hari kedua dilakukan di Kawasan Wisata Goa Rujuk Muara Cabang, Kelurahan Taba Baru, Kota lubuklinggau.

Goa Rujuk dijadikan sebagai lokasi syuting dikarenakan melihat kawasan yang berpotensi menjadi desa wisata dan perlu untuk diangkat sebagai salah satu destinasi yang ada di Kota Lubuklinggau. Oleh karena itu, melalui video ini menjadikan Goa Rujuk sebagai background dari cinematography bisa mengenalkan kawasan Goa Rujuk kepada khalayak terkhusus masyarakat Lubuklinggau dan para wisatawan luar nantinya.

Assyuro berharap Tim PKBM Barokah dapat terus berkarya dan mencetus orang yang peduli akan bahasa isyarat serta mensupport tempat yang berpotensi dijadikan destinasi wisata.

“Harapannya ke depan Tim PKBM Barokah Lubuklinggau semoga bisa terus berkarya, dapat menginisiasi tercetusnya kelompok orang-orang yang peduli akan bahasa isyarat dan support teman tuli terkhusus di Kota Lubuklinggau, serta bisa mensupport tempat-tempat yang berpotensi di kawasan Kota Lubuklinggau dalam kegiatan dan project lainnya,” harap Assyuro. (pgp)