Pj. Sekda Kota Lubuklinggau ikuti Rakornas Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Wilayah Barat.

Lubuklinggau, BLLG-. Sekda Kota Lubuklinggau (Imam Senen) selaku Ketua Harian Gugus Tugas Daerah Gerakan Nasional Revolusi Mental (GTD GNRM) Kota Lubuklinggau mengikuti rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan Pembentukan dan Penguatan Gugus Tugas Daerah Wilayah Barat yang dilaksanakan di Hotel Wyndham Kota Palembang, Kamis (20/10/2022).

Kegiatan Rakornas diawali dengan Sambutan Gubernur Sumsel (H.Herman Deru), dalam sambutannya gubernur menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Kemenko PMK atas dilaksanakannya Rakornas GNRM Wilayah Barat di Kota Palembang,

Herman Deru juga menyampaikan bahwa di Provinsi Sumsel saat ini mempunyai program “Sumsel Mandiri Pangan” yang merupakan suatu gerakan indonesia mandiri, Sumsel juga dikenal sebagai provinsi yg zero konflik meskipun saat ini masih ada potensi ancaman yang sering terjadi.

Sementara dalam arahannya, Menko PMK (Prof.Muhadjir Efendi) mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya Rakornas GNRM Wilayah Barat dalam rangka percepatan pembentukan dan penguatan Gugus Tugas Daerah (GTD) GNRM wilayah barat, hal ini juga sambungnya dilaksanakan sehubungan dengan penetapan revolusi mental sebagai salah satu agenda pembangunan nasional dan prioritas nasional pada RPJMN 2020-2024.

Dirinya mengingatkan, bahwa pembentukan GTD tidak akan efektif jika tidak dibarengi dengan penguatan program serta Kegiatan, sehingga akan lebih cepat membangun mental bangsa yang lebih baik.

Menurutnya, revolusi mental harus selaras dan dibarengi dengan wujud gerakan dan aksi nyata yaitu sebuah kegiatan yang dapat dirasakan langsung oleh para pemangku kepentingan khususnya masyarakat luas dan GNRM, ini akan dilaksanakan secara berlanjut jika telah efektif melibatkan unsur pentahelix yaitu 5 pemangku kepentingan yakni pemerintah, akademisi, dunia usaha, media dan masyarakat.

Dalam kesempatan Sekda Kota Lubuklinggau Imam Senen menyampaikan bahwa Kota Lubuklinggau sudah membentuk “Gugus Tugas Daerah Gerakan Nasional Revolusi Mental (GTD GNRM) Kota Lubuklinggau”, dan sudah melaksanakan 5 aksi nyata gerakan nasional revolusi mental sesuai dengan Inpres nomor 12 tahun 2016 diantaranya “Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Mandiri dan Gerakan Indonesia Bersatu”. Ujarnya.

Rakornas GNRM dibuka Oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) yang dihadiri oleh Gubernur Prov.Sumsel, Perwakilan dari Kemenpan RB, Kemenko Perekonomian, Kemenko Polhukam, Kemenko Marves dan Kemendagri serta seluruh peserta Rakor yang terdiri dari Sekda dan Kaban Kesbangpol Prov/Kab/Kota dalam Wilayah Barat. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan arahan dalam penyusunan rencana aksi nyata GTD GNRM,

Sehari sebelumnya, Rabu (19/10/2022) bertempat di hotel Swarna Dwipa Palembang, dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan bagi kepala daerah yang telah membentuk GTD GNRM serta aktif menyampaikan laporan dan mendukung rencana aksi GNRM di daerah dimana Pemkot Lubuklinggau mendapatkan penghargaan tersebut yang diberikan kemendagri melalui Direktur Bina Ideologi Kerakter Wawasan Kebangsaan Drs.Drajat Wibowo, M.Si melalui Kesbangpol Kota Lubuklinggau yang diwakili Oleh Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan Dan Ketahanan Ekososbud Taufik Hidayat.

Kegiatan Rakornas GNRM dihadiri juga Kepala Badan Kesbangpol Kota Lubukinggau Firdaus Abky, Kabid Ideologi Wasbang dan Ketahanan Ekososbud Taufik Hidayat, Kasubbag Anggaran dan Keuangan Kesbangpol Mardianto, dan Staf Kesbangpol Husnan Fauzi.

error: Maaf Konten Di Proteksi