Pertebal Keimanan WBP Lapas Narkotika Muara Beliti Shalat Tarawih Bersama

Muara Beliti , BLLG– Sebagai salah satu kegiatan ibadah yang rutin dilakukan pada bulan suci Ramadhan 1443 H. di Lapas Narkotika Muara Beliti, banyak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Muara Beliti bersama Kalapas, Rudik Erminanto dan para petugas melaksanakan salat Isya berjamaah yang dilanjutkan dengan tarawih di masjid At Taubah Lapas (03/04/22).

Kegiatan ini rutin dilakukan pada setiap malamnya selama bulan Ramadhan. Hal ini sebagai wadah WBP yang ingin beribadah lebih lagi di bulan Ramadhan. “Kita buat jadwal bergiliran pada setiap blok untuk shalat tarawih ini. Untuk kamar santri pada setiap blok diharuskan mengikuti shalat tarawih dimasjid juga. Penjadwalan dilakukan untuk mengurangi kerumunan yang dimasa pandemi covid-19 ini, juga agar dapat mudah dipantau petugas dalam pelaksanaannya. Untuk yang belum dapat giliran dimasjid bisa dilaksanakan dikamar masing-masing”. Ujar Rudik. 

Lebih lanjut, Rudik memaparkan bahwa untuk tadarus Al-qur’an sendiri dilakukan sore hari menjelang berbuka puasa oleh WBP agar tidak terlalu malam mereka terjaga dan dapat istirahat untuk sahur esoknya. 

Nantinya kegiatan shalat Tarawih ini akan rutin dilakukan selama bulan Ramadhan dengan diawasi oleh petugas regu pengamanan ditambah dengan petugas tambahan dari staff yang telah dibuatkan jadwal tugas piket. “Ini penting kita tambahkan tenaga penjaga dan pengawasan untuk dapat membantu pengawasan saat banyak WBP yang keluar kamar untuk shalat di masjid” ucap Rudik.

Untuk imam shalat Tarawih sendiri, Lapas Narkotika Muara Beliti telah berkerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Musi Rawas untuk dapat mengimami shalat tarawih pada setiap malamnya. (*)