Pembinaan Fisik, Mental Dan Disiplin (FMD) Dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran Petugas Lapas Lubuklinggau

 

 

Lubuklinggau, BLLG- Bertujuan meningkatkan kemampuan fisik, mental dan kedisiplinan serta menambah pengetahuan dalam mengahadapi situasi kebakaran, Lapas Lubuklinggau Kanwil Kemenkumham Sumsel melaksanakan kegiatan Pembinaan Fisik, Mental dan Disipilin (FMD) dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKBP) kota Lubuklinggau. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 28 s/d 29 Oktober 2022.

 

Kegiatan dihari pertama Lapas Lubuklinggau bekerjasama dengan DPKPB kota Lubuklinggau melaksanakan kegiatan simulasi dan transfer knowledge mengenai langkah-langkah dan mengantisipasi dalam menanggulangi situasi kebakaran kegiatan yang dilaksanakan di lapangan olahraga lapas ini diikuti oleh petugas lapas dengan sangat antusias mengingat pentingnya pengetahuan dalam penanggulangan kebakaran.

 

Dihari kedua dilaksanakan outbound di lingkungan sungai kasie yang merupakan salah satu tempat wisata yang berjarak tidak jauh dari Lapas Lubuklinggau, dengan dipandu oleh S3Outbond selaku Event Organizer kegiatan FMD berjalan dengan baik dalam melatih fisik, mental dan kedisiplinan para petugas.

 

Kegiatan diawali dengan do’a bersama dan dilanjutkan dengan pemanasan sebelum melakukan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan. Terlihat para petugas sangat menikmati kegiatan ini dengan sesekali menyanyikan yel-yel per kelompok yang telah dibagi.

 

Pembinaan FMD sendiri diakhiri dengan makan siang bersama dan pembagian Doorprize untuk seluruh petugas yang mengikuti kegiatan ini.

 

Kalapas Lubuklinggau, Ika Prihadi Nusantara mengatakan dua kegiatan yang dilakukan ini bertujuan untuk membangun kapasitas (Capacity Building) para petugas selain itu juga untuk meningkatkan kekompakan dan pengetahuan para petugas.

 

“Selama dua hari petugas dilatih fisik, mental dan disiplin serta menambah pengetahuan dalam penanggulangan kebakaran, hal ini sangat baik untuk para petugas dalam melaksanakan tugas agar dapat meningkatkan kinerja kedepannya,” ucap kalapas.

 

Dari kedua kegiatan ini para petugas diberikan sertifikat sebagai tanda telah mengikuti kegiatan dengan baik. (*)