Peduli Pendidikan, Alfamart bekerjasama SMKN 1 LLG Gelar Kelas Industri

LUBUKLINGGAU,Bllg- SMKN 1 Lubuklinggau mengadakan rekrutmen siswa kelas industri, bekerja sama dengan PT Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) pada Jumat, (27/08/2021). Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 60 siswa kelas X, khususnya jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP). Kelas industri ini telah terjalin selama 3 tahun.

 

Kepada Berita Lubuklinggau, Eriani, S.Pd.,M.Pd selaku Kepala SMKN 1 Lubuklinggau menjelaskan bahwa pihak sekolah telah menerima surat dari Alfamart dan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan mengenai perekrutan kelas industri Alfamart.

 

Kita menyediakan 60 siswa untuk mengikuti seleksi, namun pihak Alfamart hanya menampung 1 rombongan belajar (rombel) saja sejumlah 35 siswa. Proses penyeleksian dilakukan oleh pihak Alfamart, tentu saja siswa terbaik dan yang bersungguh-sungguh untuk belajar di industri yang akan terpilih.

 

Eriani juga berharap, kesempatan ini merupakan peluang agar kedepannya siswa mendapatkan pekerjaan yang pasti. Setidaknya setelah lulus dari SMKN 1, siswa tersebut menjadi pegawai Alfamart di level empat atau lima.

 

Sementara itu, Eko Apriono, S.Kom selaku Branch Trainer Koordinator Alfamart juga menerangkan bahwa pihaknya akan menyeleksi siswa untuk menjadi Alfamart Class. Siswa yang lulus rekrutmen akan dididik dan kemudian setelah mereka lulus sekolah, bisa bergabung menjadi karyawan Alfamart.

 

“tes yang pertama ada tertulis, mereka akan mengerjakan soal hitungan. Tes kedua yaitu interview”, beber Eko.

 

“Proses kelas industri Alfamart dilakukan pada saat siswa naik ke kelas XII, siswa yang lulus rekrutmen akan melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di gerai-gerai Alfamart yang dekat dengan domisili siswa tersebut. Terutama di wilayah Kota Lubuklinggau. Setelah menyelesaikan pendidikan di SMKN 1, siswa kelas industri bisa langsung bekerja di Alfamart”, lanjut dia.

 

Eko pun berharap semoga siswa kelas industri Alfamart bisa memenuhi kriteria dari dunia industri yaitu memiliki knowledge dan kompetensi yang bagus.(*)