Parpol Golkar Musi Rawas Gelar Diskusi Publik dengan Insan Pers dan Buka Puasa Bersama

 

* Tema “Menakar kesiapan penyelenggaraan dan potensi masalah pemilu dan Pilkada serentak 2024 di Musi Rawas”

MUSI RAWAS, BLLG – Parpol Golkar Kabupaten Musi Rawas melalui Badan Pengendalian dan Pemenangan Pemilu (BAPPILU) Partai Golkar Musi Rawas menggelar buka puasa bersama Insan Pers, Sabtu (30/04/2022).

Kegiatan diskusi publik serta buka puasa bersama insan pers ini telah berlangsung lancar dan sukses, acara ini diselenggarakan di WE Hotel Lubuklinggau.

Ketua DPD Partai Golkar Musi Rawas, Firdaus Cik Olah mengucapkan terima kasih kepada semua insan pers yang telah menyempatkan hadir dalam rangka diskusi publik dan buka puasa bersama.

Di satu sisi, Firdaus Cik Olah menjelaskan, untuk memajukan bangsa partai Golkar Musi Rawas siap berperan dalam menghadapi pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Lanjutnya, mengenai isu bahwasannya partai Golkar yang mendukung serta ditunding menjadi tersangka atas penundaan penundaan pemilu 2024, itu semua merupakan keingginan pelaku usaha bukan semata-mata kehendak dari Partai Golkar, tegasnya.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musi Rawas, Syarifuddin, S.E, M.M menjelaskan bahwa pihak KPU sudah menyiapkan sesuai dengan aturan yang berlaku. Pihaknya sudah menyepakati pemilu tetap dilaksanakan tahun 2024 sesuai dengan ketetapan Presiden RI yang menetapkan untuk pemilihan Legislatif dan Pileg, pada (14/02/2024) dan PILKADA (27/11/2024) mendatang, jelasnya.

Sejauh ini, KPU masih berpijak pada penyelenggaran Pemilu 2024 berlangsung 14 Februari, berdasarkan Keputusan KPU No. 21/2022.

Dalam sambutannya, Syarifuddin mengatakan KPU sudah merancang 8 PKPU, serta 75 partai politik yang bisa mendaftar sebagai peserta pemilu 2024.
Di antara 75 partai ada 9 partai yang tidak mengikuti verifikasi sesuai keputusan Kemenkumham, katanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Musi Rawasra, Oktureni Sandra Kirana menjelaskan akan menjadi sebuah tantangan pada pemilu 2024 mendatang. Mengingat seperti pada pemilu sebelumnya terdapat korban jiwa baik itu dari jajaran KPU dan Bawaslu, ucapnya.

Lebih lanjut, persiapan pemilu tahun 2024 juga perlu ada evaluasi dari pemilu tahun 2019. Pada pemilu sebelumnya banyak sekali kekurangan. Pada tahun ini terjadi banyak kelelahan dari penyelenggara pemilu. Bahkan ada isu penyelenggara pemilu kelelahan hingga meninggal.

Dalam kesempatan yang sama, Bawaslu akan selalu memberikan yang terbaik untuk menghadapi pemilu serentak 2024, dan siap dalam pengawasan pemilu 2024.

Di satu sisi, Pengamat Politik, Eka Rahman mengapresi yang mana kegiatan ini merupakan kegiatan yang bersifat positif.

Dalam diskusi yang sama, Eka Rahman menjelaskan atas agenda diskusi publik secara terbuka kesiapan penyelenggara antara KPU dan Bawaslu tentang persiapan jadwal pemilu serentak 2024 yang digelar Parpol Partai Golkar.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua Partai Golkar Musi Rawas Firdaus Cik Olah, Bawaslu Musi Rawas, Oktureni Sandra Kirana, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musi Rawas, Syarufuddin, S.E, M.M, Pengamat Politk, Eka Rahman, Ketua Bappilu Golkar Musi Rawas. (BLLG02)