Paralayang Permainan Menarik bagi yang Punya Nyali Besar

 

Berita Lubuklinggau- Paralayang adalah olahraga pemacu adrenalin yang bisa jadi sumber inspirasi anak muda maupun remaja.

 

Seorang yang ingin menikmati olahraga kompetitif sekaligus rekreasional, paralayang adalah pilihan yang tepat. Meski termasuk olahraga yang perlu keberanian sekaligus nyali tersendiri, ada banyak manfaat baik untuk kesehatan fisik dan mental.

 

Manfaat paralayang

Beberapa manfaat melakukan paralayang adalah:

1. Melatih keseimbangan

Saat melakukan paralayang, otot perut dan panggul bekerja maksimal agar postur tubuh tetap seimbang. Artinya, olahraga ini membantu memperkuat otot-otot tubuh serta mengurangi risiko terjadinya cedera pada aktivitas sehari-hari.

 

2. Kekuatan tubuh bagian atas

Ketika melakukan paralayang artinya kedua tangan perlu mengendalikan parasut agar tetap terarah. Dengan demikian, tubuh bagian atas akan terlatih sehingga lebih fleksibel dan punya rentang jarak optimal. Semakin sering dilakukan, kekuatan tubuh bagian atas terutama lengan akan kian terasah.

 

3. Meredakan stres

Bagi yang mencari aktivitas untuk meredakan stres, olahraga ini bisa jadi alternatif tepat. Saat berada di atas, ada perspektif baru yang memukau sekaligus seru. Bonusnya, fokus yang tercurah saat melakukan paralayang juga bisa mengalihkan bahkan meredakan stres.

 

Di saat yang sama, fokus untuk melakukan paralayang juga dapat mengurangi distraksi serta kekhawatiran. Benar-benar fokus pada masa kini bisa meningkatkan kemampuan untuk fokus.

 

4. Membakar kalori

Olahraga ini juga membantu membakar setidaknya 230 kalori per jam dalam tiap sesinya. Anda juga bisa merasakan adrenaline rush saat berada di atas. Jadi, tak ada salahnya mencoba melakukan olahraga ini sesekali untuk membakar kalori.

 

5. Menikmati adrenaline rush

Pecinta adrenalin terpacu, rasakan respons tubuh ketika melakukan paralayang. Penuh dengan energi dan antusiasme. Saat menjajal paralayang, tubuh akan memproduksi adrenalin. Hormon ini bisa meningkatkan detak jantung hingga tekanan darah dengan cara aman sehingga Anda akan merasa semakin berenergi.

 

Menariknya, beberapa orang sangat suka dengan sensasi ini dan terus mencari aktivitas yang memberikan dampak serupa. Istilahnya adalah para adrenaline junkie. Disebut junkie karena sensasi yang muncul serupa dengan konsumsi obat-obatan tertentu.

 

6. Meningkatkan kepercayaan diri

Bukan sekadar menikmati pemandangan dari atas, paralayang juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Siapapun bisa merasakannya, terlepas dari usia dan latar belakang mereka. Utamanya, bagi yang merasa takut melakukan paralayang.

 

Ketika mereka berhasil mengalahkan rasa takut itu, tentu akan muncul rasa percaya diri luar biasa. Merasakan langsung betapa mudah dan serunya olahraga ini juga sangat mungkin mengusir ketakutan.

 

7. Pemikiran positif

Jangan kaget pula ketika seseorang bisa berpikir lebih positif setelah melakukan paralayang. Berada di ketinggian akan memberi sensasi tersendiri yang mungkin tak akan terlintas ketika melihat pemandangan dari sudut pandang biasa. Pemandangan dari atas sana bisa jauh lebih memukau.

 

Pengalaman ini tidak menutup kemungkinan bisa menjadi sumber inspirasi dan juga pikiran positif seseorang. Siapa tahu, Anda akan mendapatkan sudut pandang baru yang belum pernah terlintas sebelumnya.

Gunakan peralatan tepat. Cari tahu terlebih dahulu peralatan apa saja yang perlu digunakan untuk paralayang. Bahkan, sampai detail yang paling kecil sekalipun seperti alas kaki dan pakaian. Tidak perlu malu bertanya karena ini penting mengingat paralayang adalah olahraga yang dilakukan sembari “terbang”, bukan hanya olahraga biasa.

Pertimbangan cuaca sangat perlu karna cuaca menjadi faktor utama untuk paralayang, jika cuaca tidak bagus maka jangan ambil resiko untuk menerbangkan paralayang. Jika kita melakukan cuaca yang tidak bagus bisa saja bersiko sangat tinggi dan tidak mendarat sesuai tempat tujuan yang ditetapkan bisa saja kematian yang akan datang.

 

Jika ingin melakukan paralayang pastikan dulu bahwa diri Anda sehat agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

 

Penulis: Farhan Hadi Yansen

Dosen pengampu: Wawan Syafutra, M.Pd Universitas PGRI Silampari

error: Maaf Konten Di Proteksi
Exit mobile version