Olahraga Hiking Sebagai Media Refreshing, Wisata Dan Dapat Menyehatkan Tubuh

 

Lubuklinggau, BLLG- Bagi yang belum pernah mencoba berolahraga hiking dan penasaran, mungkin ini saat yang tepat untuk mencobanya. Selain menawarkan pemandangan yang indah dan udara yang segar, hiking memberikan anda banyak manfaat untuk kesehatan.

 

Hiking merupakan kegiatan jalan kaki di luar ruangan yang dapat dilakukan oleh siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang tua. Hiking biasanya dilakukan secara individu atau kelompok.

 

Hiking sering disebut sebagai olahraga rekreasi yang agak ekstrim. Olahraga rekreasi adalah olahraga yang dilakukan pada waktu luang berdasarkan keinginan untuk memberikan kepuasan dan kesenangan.

 

Hiking juga dianggap sebagai bentuk olahraga rekreasi yang sangat diinginkan oleh banyak orang karena memberikan efek menenangkan dan menyegarkan. Itu karena saat mendaki, Anda bisa menikmati pemandangan yang indah, udara segar dan panorama alam yang sejuk.

 

Ada banyak jenis jalur hiking, mulai dari jalur mendatar, jalur menurun, hingga jalur mendaki/menanjak, semuanya memberikan kesan petualangan yang liar. Kami mencoba mencari tantangan dengan memanfaatkan kontur alam seperti mendaki, merangkak, dan menuruni tebing.

 

Dengan ini, kita dapat memperluas kesadaran kita akan pentingnya bersahabat dengan alam. Hiking tidak hanya memungkinkan Anda untuk menyatu dengan alam, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi pikiran dan tubuh Anda.

 

Menurut para dokter, manfaat hiking adalah sebagai berikut:

 

1. Manfaat hiking bagi fisik dan psikologis

2. Membantu mengontrol berat badan dan bisa menurunkan berat badan.

 

3. Dapat meningkatkan keseimbangan. Mendaki di permukaan yang tidak rata, seperti jalan setapak dapat melatih otot di kaki, pinggul, perut dan punggung agar tetap seimbang, sehingga kamu tidak tersandung.

 

4. Dapat menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah.

5. Menurunkan resiko penyakit jantung.

6. Dapat meningkatkan kepadatan tulang, karena hiking termasuk olahraga yang menahan beban.

 

7. Memperkuat dan melatih otot kaki, otot pinggang, dan perut.

8. Mencegah osteoporosis.

9. Meningkatkan mood agar lebih berwarna.

10. Menghubungkan kita dengan alam.

11. Membuat pikiran lebih fokus.

 

Agar manfaat hiking bisa Anda dapatkan dengan optimal, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin melakukan hiking:

 

Untuk pemula, tidak disarankan untuk menjelajah medan yang terlalu sulit.

 

Berikut tips yang bisa Anda lakukan:

 

A. Sebaiknya mencoba track yang lebih mudah.

B. Gunakan pakaian nyaman dan sesuai untuk melakukan hiking

 

C. Sebelum berangkat hiking, pelajari dulu peta rute Anda agar lebih siap.

D. Siapkan kompas untuk dibawah saat hiking.

 

E. Siapkan makanan dan minuman yang cukup untuk dibawa saat hiking.

F. Gunakan tabir surya berSPF minimal 30. Jangan lupa pula untuk membawanya agar bisa kembali dioleskan setelah beberapa jam.

 

G. Kenakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari.

 

H. Berkonsultasi ke dokter apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu. Dokter akan memberikan solusi untuk kamu melakukan hiking.

 

Dengan perlengkapan yang siap dan kokoh, Anda dapat menikmati manfaat hiking. Kegiatan ini juga bisa dilakukan sesuai dengan keinginan dan selera anda sendiri. Misalnya, Anda bisa hiking sendirian atau bersama teman maupun keluarga.

 

Beberapa orang senang hiking sendirian. Namun kegiatan hiking sendirian ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah memiliki pengalaman hiking dan tahu rutenya dengan jelas.

Bagi Anda yang suka dengan olahraga petualangan, hiking cocok sebagai bentuk penyemangat dan penenang diri. Apalagi bagi mereka yang baru pertama kali mencoba hiking dengan mendaki.

 

Penulis : Risma Isnani (6020054) Mahasiswa pendidikan rekreasi

Dosen pengampu: Wawan Syafutra, M.Pd. UNIVERSITAS PGRI SILAMPARI LUBUKLINGGAU