Musrembang Desa Lesung Batu, Kades Prioritaskan Pemulihan Ekonomi 

Muratara ,Bllg– Kepala desa Lesung Batu Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Provinsi Sumatera Selatan, prioritas program pembangunan tahun 2022 di Desanya dengan menitikberatkan pada upaya pemulihan ekonomi.

 

Hal itu disampaikan kepala Desa Sobri Marzuki dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk program tahun 2022, yang dipusatkan di kantor Desa setempat, Kamis (30/09).

 

Kegiatan tersebut, dihadiri Camat Rawas Ulu M Yusnadi, Sekdis PMD Muratara, pendamping kecamatan, PLD, BPD, Kades berserta perangkatnya, Mahasiswa KKN STKIP-PGRI Lubuklinggau dan para tamu undangan.

 

Dalam penyampaiannya, Sobri mengatakan bahwa program pembangunan 2022 memiliki tantangan tersendiri karena diprediksi, masa tersebut daerah tengah berada dalam masa recovery akibat pandemi Covid-19. Di antaranya adalah terkait anggaran yang masih terbatas karena dana transfer dari pusat juga berkurang.

 

“Anggaran yang terbatas tersebut harus disiasati dengan membuat skala prioritas sejak sekarang. Salah satunya, PemDes harus membuat rencana pembangunan yang fokus dan berkelanjutan. Karena dampak pandemi ini semua anggaran menjadi berkurang, maka sebuah program yang belum selesai di tahun berjalan bisa dilanjutkan di tahun berikutnya untuk hasil maksimal,” sampainya.

 

Ia juga mengatakan di prioritaskan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2022 program pemulihan ekonomi warga dan usulan masyarakat tetap di ajukan ke Musrembang Kecamatan nantinya.

 

Dalam hal ini Camat Rawas Ulu M Yusnadi, memberikan arahan kepada PemDes Lesung Batu Supaya menggerakkan ekonomi warga di Desa lesung batu sesuai dengan kebutuhan warga nya dan benar-benar manfaat nya.

 

”Secara khusus PemDes dan warga harus fokus pada upaya pemulihan ekonomi, walaupun secara perlahan,” jelasnya.

 

Terakhir Camat juga menyampaikan pesan dari Bupati Muratara, agar di setiap desa di wilayah Kabupaten Muratara mempunyai sumber air bersih dan menghimbau kepada bidan Desa untuk mendata masyarakat khususnya Desa Lesung Batu yang belum di vaksinasi agar dapat mensukseskan program pemerintah tersebut. (Viko/rls)

error: Maaf Konten Di Proteksi