Mudik Lebaran Via Lintas Sumatera Lubuklinggau Jambi atau Sebaliknya ? Ini 8 Rekomendasi Kuliner Wajib Dicoba

Sumatera Selatan,BLLG- Jika Anda sedang mudik lebaran via jalur darat lintas Lubuklinggau -Jambi atau sebaliknya tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khas Sumatera Selatan terkhusus di kota Lubuklinggau Pasalnya, terdapat berbagai sajian hidangan yang menggiurkan lidah dan dengan harga yang terjangkau.

Berikut ini daftar makanan khas dari Sumatera Selatan kota Lubuklinggau yang wajib Anda coba:

1. Tekwan
Nama tekwan sendiri singkatan dari “berkotek samo kawan” yang artinya mengobrol dengan teman. Makanan yang berasal dari Palembang ini terbuat dari bahan dasar ikan dan campuran tepung sagu.

Tekwan berbentuk bulat kecil-kecil dan mirip dengan bakso ikan, sedangkan kuah tekwan terbuat dari udang serta disajikan dengan sohun, jamur kuping, serta irisan bengkoang. Untuk harganya berkisar Rp 10.000- Rp.15.000 perporsi.

2. Laksan
Selain tekwan, makanan yang sering diburu untuk dijadikan oleh-oleh adalah laksan. Makanan ini mirip dengan pempek, namun cita rasanya jauh lebih nikmat karena menggunakan kuah kental mirip dengan kuah lontong sayur.

Makanan ini terbuat dari varian pempek lenjer yang dipotong-potong lalu dihidangkan dengan kuah santan dengan kaldu udang. Dengan harga yang terjangkau, makanan ini dijual di seluru penjuru kota Sumatera Selatan.

3. Lakso
Makanan yang tidak kalah enaknya adalah lakso. Lakso terbuat dari tepung beras dan tepung sagu yang diolah menjadi mie yang menggulung. Biasanya, makanan ini disajikan dengan santan dan kaldu ikan gabus.

Soal rasa lakso tidak dapat ditandingkan dengan makanan lain. Sebab, penjual lakso tidak pernah sepi dari pembeli dari dalam kota maupun luar kota Palembang.

4. Mie Celor
Makanan selanjutnya yang wajib Anda coba adalah mie celor. Makanan ini memiliki cita rasa seafood yang kuat dan disajikan dengan olahan makanan yang unik.

Ketika mie kuning telah matang, mie celor tidak langsung dimakan, namun disiram dengan kuah santan yang kental. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan topping pada mie celor seperti telur, seledri, tauge, jeruk nipis.

5. Kemplang
Kemplang merupakan makanan ringan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari ikan gabus atau ikan tenggiri. Kemplang berbentuk bulat dengan diameter 5-7 sentimeter.

Kemplang terbagi menjadi beberapa jenis kemplang getas, kemplang panggang, kemplang keriting, kemplang mangkuk, dan kemplang koin.

6. Pindang Tulang Khas Rupit
Makanan selanjutnya yang perlu Anda coba adalah pindang tulang khas Rupit. Pindang ini tidak sama dengan pindang pada umumnya. Bahan dasar pindang tulang adalah tulang sapi dengan sumsum yang masih utuh.

Begitu sudah matang, pindang tulang diberi topping aneka jenis sayur dan irisan tomat. Namun, jika Anda ingin sensasi pedas, Anda dapat menambahkan topping cabai.

7. Malbi
Malbi merupakan semur daging sapi yang diberikan bumbu beraneka rempah-rempah. Rempah-rempah yang dimaksud adalah kayu manis, gula merah, cengkeh, kapulaga.

Sensasi gurih dan lezat, Malbi cocok dimakan dengan dengan nasi, lontong, atau ketupat.

8. Burgo
Burgo adalah makanan yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka. Ketika disajikan, Burgo akan diberikan santan yang khas dan wangi. Cocok bagi Anda pecinta makanan yang manis. Anda dapat membeli Burgo di warung-warung terdekat. Jangan lupa jika mampir dikota Lubuklinggau DM mimin ya kita Kuliner bareng. (*)

error: Maaf Konten Di Proteksi