Menjaga Kualitas dan Kuantitas Bahan Makanan WBP, Kalapas Lubuklinggau Lakukan Pengecekan Proses Pengelolaan Bahan Makan

LUBUKLINGGAU, BLLG – Untuk menindaklanjuti perintah Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, melalui Kakanwil Kemenkumham Sumatera Selatan, Harun Sulianto, Kalapas Lubuklinggau, Ika Prihadi Nusantara mengecek langsung persediaan Bahan Makanan yang diberikan oleh penyedia serta proses pengelolaan Bahan Makanan yang akan didistribusikan ke Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Senin (11/04/2022).

Didampingi oleh Kasi Binadik, Hardiman Kasubsi Bimkemaswat, Indratno serta petugas Pengawas Pengolah Bahan Makanan, Rita, Kalapas ingin memastikan giat tersebut dengan mengecek, mengawasi dan meninjau secara langsung tentang Pengelolaan Bahan Makanan (BaMa), untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Disatu sisi, Kalapas menjelaskan, mulai dari Proses Pemesanan, Jumlah Kuantitas dan beratnya bahan makanan ketika ditimbang harus sama sesuai dengan pesanan, karena idealnya semua harus sesuai dengan Standar Operasoional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

“Kita semua ingin bahan makanan yang diberikan oleh penyedia untuk WBP harus sesuai dengan SOP, jangan sampai ada bahan makanan yang tidak layak, serta jaga kebersihan dalam mengelola makanan,” kata kalapas.

Selain Bahan Makanan yang rutin diberikan sehari-hari, pada bulan suci Ramadhan juga terdapat makanan extra fooding yang layak dan sehat untuk WBP selama menjalankan puasa serta didistribusikan secara tepat kepada WBP.

“Berdasarkan hasil pengawasan dan monitoring, proses mekanisme pemesanan, kedatangan dan penerimaan bahan makanan, cara kerja, kualitas dan jumlah bahan makanan serta pendistribusian makanan sudah cukup baik,” ucap Kalapas.

Kemudian Kalapas menegaskan kembali, supaya kualitas pelayanan pengelolaan bahan makanan ini lebih baik lagi maka tetap harus diperhatikan dan diawasi terus serta kebersihannya yang paling utama, tutup Kalapas. (*)