Mengenal Teknik dan Manfaat Olahraga Rekreasi Arung Jeram (Rafting)

Salam Olahraga!!!

Arung Jeram (Rafting) merupakan salah satu olahraga petualangan dan mulai berkembang di Indonesia sendiri sekitar awal tahun 1970-an dengan dikenal dengan istilah Olah Raga Arus Deras (ORAD).

Arung jeram (Rafting) ini masuk ke kategori olahraga outdoor di mana dilakukan dengan cara mengarungi aliran sungai. Dengan rata-rata awak 6 orang dan 1 orang sebagai leader atau skipper.

Olahraga ini sangat memacu adrenaline para penggemarnya, banyak yang menyukai olahraga rekreasi satu ini mulai dari laki-laki maupun perempuan.

Nah teman-teman, sebelum kita mngikuti kegiatan olahraga rekreasi arung jeram (Rafting) ini wajib dan harus untuk kita mengikuti peraturan perlengkapan keselamatannya lho.

Mari kita ulat perlengkapan keselamatan wajibnya :
• Perahu Karet
Perahu karet ini berfungsi sebagai perlengkapan paling utama karena untuk dapat mengarungi aliran sungai kita menaiki perahu karet. Bahan yang digunakan dalam perahu karet arung jeram (Rafting) menggunakan bahan polyester nilon dan PVC, serta sudah dilengkapi dengan saluran pembuangan airnya.
• Dayung
Tidak kalah pentingnya dayung juga merupakan alat penting dalam olahraga ini, yang memiliki fungsi sebagai alat dorong perahu. Biasanya dayung ini terbuat dari plastic atau aluminium sehingga dayung ringan dan kuat.
• Helm
Helm berguna sebagai alat pelindung kepala yang berfungsi jika mengalami benturan pada batu dan benda keras lainnya, ketika mengalami perahu terbalik atau terjatuh dari perahu. Helm dipakai secara nyaman saja jangan terlalu longgar dan jangan pula terlalu kencang.
• Pelampung
Peran pelampung yakni berfungsi sebagai alat apung di dalam air apabila terjatuh ke dalam arus air serta berfungsi sebagai pelindung badan dari benturan keras di dalam air.
• Tali Lempar
Berfungsi sebagai alat pertolongan pertama jika sewaktu-waktu terjadi insiden yang tidak diinginkan.

Akhir-akhir ini olahraga rekreasi arung jeram (Rafting) banyak digemari oleh masyarakat. Di mana kita dapat berrekreasi sekaligus melatih adrenaline kita.

Adapun, lokasi arung jeram (Rafting) di Kota Lubuklinggau yakni, Ayo Kelingi Rafting, Sungai Kesie dan masih banyak lagi.

Berikut teknik dalam olahraga rekreasi arung jeram (Rafting) yang baik dan benar :

“Teknik Mendayung”
Ada tiga cara memegang stik dayung yakni batang, blade dan T grib. Para pendayung berposisikan di sisi kiri dan kanan perahu. Teknik mendayung ada empat macam yakni :
• Dayung Maju
Dorongan dayung kedepan dengan teknik blade yang berfungsi untuk menambahkan dorongan laju perahu.
• Dayung Mundur
Dorongan dayung kebalikan dari dayung maju yang berfungsi untuk menahan lajunya perahu serta untuk memundurkan perahu jika diperlukan.
• Dayung Pancung
Dorongan dayung yang dilakukan oleh pendayung bagian depan yang melakukan maneuver atau belokan kekanan maupun kekiri.

Kalau tadi kita sudah membahas sejarah, perlengkapan dan teknik dari arung jeram (Rafting) maka sekarang kita akan membahas manfaat dari olahraga rekreasi arung jeram (Rafting) ini teman-teman.

Manfaat olahraga rekreasi arung jeram (Rafting) untuk kesehatan tubuh :
• Dapat melatih kekuatan otot
• Memperkuat kerja otot jantung
• Menghilangkan stress
• Dapat membakar kalori
• Melatih rasa takut
• Meningkatkan rasa percaya diri

Itulah tadi teman-teman pembahasan mengenai teknik serta manfaat dari olahraga rekreasi arung jeram (rafting) semoga bermanfaat.

Salam Olahraga!!!

Penulis : Sri Anggraini
(Tugas Mata Kuliah Pendidikan Rekreasi Olahraga)

error: Maaf Konten Di Proteksi