Membanggakan Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud Cetak Sejarah Baru

LUBUKLINGGAU, BLLG – Bupati Musi Rawas yang mempunyai, Slogan Musi Rawas Maju Mandiri dan Bermartabat (Mantab), memang berbanding lurus dengan apa yang telah diperbuat Bupati Musi Rawas saat ini. Hj. Ratna Machmud, kembali mencetak sejarah baru di masa pemerintahannya, Rabu (30/03/2022).

Usaha serta kegigihannya dalam melakukan berbagai upaya dalam menjalankan amanah yang dinobatkan kepada dirinya, perkara urusan dunia politik dalam menggebrak lobi politik kejenjang pusat, yang didampangi suami tercinta, Riza Novianto Gustam. Hj. Ratna Machmud, telah berhasil dalam mencetak sejarah baru.

Adapun sejarah baru dimaksud, yakni Hj. Ratna Machmud, telah mampu mewujudkan aliran listrik untuk masyarakat, yang mana ini semua merupakan impian warga Desa Harapan Makmur, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas.

Hj. Ratna Machmud mengatakan, usai dilantik menjadi Bupati Musi Rawas. Kami langsung melakukan pendataan, alhasil dari pendataan itu kami dapat mengetahui ada 3 desa yang terpantau tidak ada sama sekali jaringan listrik,” jelasnya.

Kemudian lanjutnya, dalam mengupayakan jaringan listrik ini sebelumnya selama kurang lebih 30 Tahun pemimpin yang selama ini telah mencoba memasukkan jaringan listrik terutama ke desa-desa, akan tetapi belum ada yang berhasil, katanya.

Dengan tekad yang kuat serta dorongan jiwa sosialnya tinggi, akhirnya memberanikan diri untuk berkomunikasi pada suami, Reza Novianto Gustam, yang merupakan pensiunan PLN untuk melakukan gerakan cepat tanggap dalam urusan melobi ke pusat, tuturnya.

Berdasarkan keterangan dari PLN Pusat, jaringan tidak akan terpasang desa-desa jika Pemkab Musi Rawas tidak memiliki surat resmi dari Kementrian Kehutanan, oleh karena itu kami melakukan gebrakan dan akhirnya disetujui oleh pihak PLN perihal pemasangan jaringan listrik sepanjang 24 KM.

“Saya merasa sangat bersyukur, Bapak Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, memberikan kemudahan proses untuk memiliki surat resmi yang mana izin tersebut kami dapatkan Dari Kementrian Kehutanan dengan sangat mudah. Saya mengucapkan ribuan terima kasih dengan apa yang telah Bapak Gubernur Sumsel lakukan untuk desa kami,” ucapnya.

Disatu sisi, Hj. Ratna Machmud, kembali menjelaskan, dengan dukungan Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, jaringan listrik bisa tersalurkan di Desa Harapan Makmur, Desa Sindang Laya dan Mukti Karya.

“Semoga dengan perubahan ini semua dapat bermanfaat khususnya Desa Harapan Makmur dan sekitarnya,” ujarnya.

Gubernur Sumsel, H. Herman Deru mengatakan, harapan warga desa kini sudah menjadi kenyataan, saya berharap masuknya listrik bisa membuat warga bertambah cerdas, nantinya akan kami usahakan mencoba menyakurkan jaringan telepon juga dalam waktu dekat ini, tegasnya.

Lanjutnya, H. Herman Deru, menjelaskan ditahap 2 akan kami usahakan jalan tol gratis Pali-Simpang Semambang, sepanjang 55 KM, untuk warga Muratara, Lubuklinggau, Musi Rawas (MLM), ke Palembang melalui tol tak berbayar,” katanya.

GM PLN Wilayah Sumsel, Jambi dan Bengkulu, Bambang mengatakan, pemasangan aliran listrik di Desa Harapan Makmur melewati proses yang sangat panjang. Bupati Musi Rawas, Hj. Ratna Machmud sudah sejak (23 Juni 2021) mulai dilaksanakan survei bersama. Kemudian, tepatnya (21 Oktober 2021), pembangunan dimulai dari pemasangan konstruksi, gardu dan lainnya. Lalu, pada (31 Januari 2022), dilakukan pemasangan aliran listrik.

Di sela-sela maraknya acara tersebut, secara simbolis telah diberikan bantuan berupa Mobil Operasional kepada pihak PT PLN.

Pemprov Sumsel, Pemkab Musi Rawas, PLN dan PT MHP, telah berkolaborasi dalam berupaya membuat jaringan listrik masuk ke Desa Harapan Makmur. Atas beroperasinya jaringan listrik di Harapan Makmur, maka 99.01% wilayah Sumsel sudah teraliri listrik, jelasnya.

“Adanya jaringan listrik di desa ini, semoga masyarakat dapat meningkatkan perekonomian, harapan kita semua agar listrik ini dapat digunakan sebagaimana mestinya, hingga dapat bermanfaat serta meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (*)

error: Maaf Konten Di Proteksi