Manfaat Gowes untuk Kesehatan

 

BERSEPEDA adalah Olahraga yang memiliki banyak sekali manfaat nya bagi kesehatan. Kesehatan adalah suatu sifat yang sudah seharusnya melekat pada diri manusia yang normal.

 

Kegiatan Olahraga Sering dilakukan hampir semua orang walaupun dengan jenis olahraga yang berbeda-beda tapi tetap saja tujuannya adalah untuk kebugaran jasmani yang sesuai dengan kaidah dalamilmu kesehatan.

 

Kebugaran jasmani merupakan sesuatu yang penting yang harus dimiliki oleh setiap manusia agar dapat beraktivitas dengan maksimal sehingga pencapaian dapat lebih optimal.

 

Belakangan ini masyarakat sering melakukan kegiatan berolahraga. Salah satu Aktivitas olahraga yang sering dilakuan masyarakat adalah rekreasi.

 

Olahraga Rekreasi adalah kegiatan fisik seseorang yang melakukan kegiatan yang menyenangkan pada waktu senggang berdasarkan keinginan atau kehendak yang timbul dalam diri nya.

 

Olahraga rekreasi dapat dilakukan oleh semua kalangan masyarakat, salah satu olahrag rekreasi itu sendiri yaitu Bersepeda.

 

Aktivitas bersepeda dapat dilakukan kapan saja ketika seseorang memiliki waktu yang senggang, bisa dilakukan disekitar lingkungan tempat tinggal ataupun tempat rekreasi, Sepeti Taman Olahraga Silampari, Gor Megang, dan Bukit Sulap.

Bersepeda lebih baik dilakukan minimal 30 menit bertujuan menjadikan tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

 

Salah satu dari jenis olahraga yang tenang disampaikan itu adalah bentuk tentang memilih kegiatan untuk beraktivitas dengan lebih pada kesehatan sekaligus menyenangkan, karena dapat dilakukan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan seseorang tersebut dalam memilih kegiatan olahraga yang menyehatkan tersebut.

 

Dapat kita lihat melalui sosial media kegiatan bersepeda ini terdapat banyak sekali komunitas-komunitas bersepeda. Dari komunitas ini lah yang membuat ketertarikan masyarakat untuk melakukan olahraga bersepeda. Karena bersepeda saat ini tidak hanya untuk kesehatan melainkan juga ajang untuk bersilahturahmi.

 

Olahraga Bersepeda ini sangat cocok dilakukan pada saat bulan puasa, ketika menunggu waktu berbuka atau dengan kata lain ngabuburit sambil bersepedaan.

Tapi tidak hanya di waktu menunggu buka saja, bersepeda juga dapat di lakukan di pagi hari.

 

Berikut menurut ilmu kedokteran manfaat berolahraga secara teratur.

1. Membangun dan mempertahankan kekuatan otot dan tulang

2. Membantu menurunkan berat badan

3. Menjaga kesehatan kulit

4. Menjaga kesehatan dan memori otak

5. Membantu kualita hidup yang lebih baik

6. Meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa stres atau depresi

7. Mengurangi sakit kronis

Dan masih banyak lagi, dan sebaliknya pun jika kita melakukan olahraga secara berlebihan pun memiliki dampak negatif untuk kesehatan tubuh.

 

Adapun dampak negatif dari olahrag berlebihan :

1. Kelelahan

2. Nyeri otot

3. Sakit punggung

4. Susah tidur

5. Melemahnya sistem kekebalan tubuh

6. Gangguan menstruasi pada wanita

7. Gangguan seksual pada pria

8. Tidak baik bagi kesehatan jantung

 

Penulis :Phyranita Kirana, 

(Tugas Pendidikan Rekreasi Olahraga)

error: Maaf Konten Di Proteksi