Mancing Kegiatan Yang Mengasikkan Pada Waktu Luang

 

Berita Lubuklinggau –Memancing, adalah jenis kegiatan berburu yang cukup tua di dunia selain berburu binatang lainnya di daratan.

 

Kegiatan ini sudah lama dilakukan nenek moyang kita sebagai upaya mencari nafkah bagi keluarga.

 

Selain letak geografis sebagai negara kepulauan, bangsa Indonesia menjadi terampil mengarungi lautan guna mencari ikan untuk dikonsumsi sendiri atau dijual di pasar-pasar pelelangan ikan.

 

Tidak hanya ikan-ikan laut yang beragam jenisnya. Ikan-ikan air tawar pun beraneka jenis di kawasan nusantara ini. Mulai dari Aceh hingga Papua.

 

Jenis ikan gabus Toman, diantaranya yang paling banyak diburu. Ikan yang terdapat di rawa-rawa Sumatera dan Kalimantan ini sering menjadi target utama para pemancing rawa.

 

Perburuan ikan-ikan sekarang ini sudah mulai bergeser nilainya. Berburu ikan bukanlah menjadi profesi seperti nelayan di daerah pesisir, melainkan suatu kegiatan yang sudah menjadi hobi di tengah masyarakat.

 

Maka tak heran sekarang ini sering terlihat bermunculan kelompok komunitas memancing baik di rawa-rawa atau empang pemancingan. Terlebih bila setiap hari Minggu atau hari libur lainnya rawa-rawa dan empang-empang pemancingan ikan mas dan lele ramai oleh para pemancing.

 

Kegiatan memancing ini pun tak lepas dari sarana pendukung lainnya seperti toko-toko peralatan pancing dan umpan.

Bahkan produk-produk umpan rumahan semakin menjamur dengan berbagai merek. Baik untuk memancing ikan mas, lele atau bawal. Harian atau lomba dan galatama.

 

Selain itu, empang atau kolam pemancingan pun semakin banyak terlihat, dan menjadi usaha yang menggairahkan dari segi bisnis terkait.

 

Kegiatan perburuan yang mulai bergeser pada hobi ini memang menjadi kegiatan yang mengasyikan bagi para pelakunya. Ada nilai-nilai positif untuk relaksasi setelah menghadapi rutinitas sehari-hari.

 

Selain untuk refreshing, memancing pun menjadi ajang silaturahmi dalam kebersamaan hobi. Terjalinnya nilai-nilai pertemanan dan persaudaraan sesama pemancing.

 

Kegiatan memancing juga bisa banyak mendapat teman di jalan seperti jika kita membawa pancing dan melihat orang lain membawa pancing juga kita bisa saling tegur seperti ngelakson atau menyapa dengan cara lain.

 

Memancing juga sangat cocok untuk hal kegiatan pada saat puasa seperti sekarang, bisa melakukan nya di sore hari sampai menunggu waktunya berbuka.

 

Penulis: Muhammad Fauzan Hidayat

Dosen pengampuh: Wawan Syafutra, M.Pd Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau

error: Maaf Konten Di Proteksi