M. Afif Razan, Danton Paskibraka Sumsel Tahun 2022 yang Membanggakan Orang Tua

 

LUBUKLINGGAU, BLLG- Orang tua mana yang tak bangga dengan pencapaian prestasi anaknya. Begitulah yang dirasakan oleh pasangan Iwan Inpresi, S.E.,M.M, dan Lestari, Am.Kep, atas raihan prestasi putra sulungnya M. Afif Razan (16), menjadi salah satu anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sumatera Selatan, Tahun 2022.

 

Membanggakannya lagi, Afif, panggilan sehari-hari M. Afif Razan, bukan hanya menjadi anggota biasa, ia mampu memaksimalkan potensinya sehingga ditunjuk menjadi Komandan Pleton (Danton) Paskibraka Sumsel, Tahun 2022.

 

Ayahanda dari Afif, Iwan Inpresi, mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi anaknya itu.

 

“Tentu kami selaku orang tua sangat bangga dengan prestasi yang tidak setiap waktu mampu diraih itu. Namun hal ini jangan menjadi pemberhentian terakhir, harus jadi motivasi untuk bisa meraih prestasi-prestasi yang lebih baik ke depannya,” ungkap pria yang juga aktif sebagai anggota Polri itu, Jum’at (20/08/2022).

 

Apalagi Afif didaulat menjadi Danton Paskibraka Sumsel, tentu ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi.

 

“Kalau menurut instrukturnya, menjadi Danton harus memenuhi kriteria memiliki sikap tegas, disiplin, gerakan tegap dan gesit, cerdas, berwawasan luas serta mampu mengendalikan anggotanya. Bisa jadi Afif dinilai memenuhi kriteria itu,” sambung Iwan.

 

Afif pun tidak menyangka jika dirinya diamanahkan menjadi Danton Paskibraka Sumsel Tahun 2022. Pasalnya ia tidak memiliki ambisi khusus di Paskibraka.

 

“Masuk saja dan terpilih menjadi anggota Paskibraka tingkat provinsi sudah cukup membanggakan. Tetapi ketika diberikan tugas khusus sebagai Danton saat pelaksanaan upacara HUT Ke 77 RI tingkat Provinsi Sumatera Selatan, saya harus siap,” ujar Afif di kediamannya Jl. Permai 10, Kelurahan Batu Urip, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau.

 

Afif merupakan siswa Kelas XI di SMA Negeri 04 Lubuklinggau. Kepala SMA Negeri 04 Lubuklinggau, Erwin Susanto, M.Pd, melakui guru bidang studi Kimia, Minarni, S.Pd, membenarkan dan menjelaskan sosok seperti apa Afif.

 

“M. Afif siswa di Kelas XI MIA 4. Dia anak yang bertanggungjawab, dibuktikan dengan dia mampu mengemban tugas sebagai Wakil Ketua Kelas. Dan di organisasi sekolah ikut ekskul Paskib dan sewaktu pemilihan berdasarkan pemilihan siswa langsung terpilih menjadi pengurus inti MPK atau Majelis Perwakilan Kelas,” tutur Minarni .

 

Menurut Minarni, Afif termasuk siswa yang cerdas dibuktikan dengan laporan di akhir semester 1 hasil rapornya menjadi juara 1 kelas dan di semester 2 menjadi juara 2 kelas. Anaknya pun sopan, ramah, dan sholeh.

 

“M. Afif Razan ini anaknya gigih, kalau ada keinginan untuk menjadi sesuatu maka ia akan berusaha dengan keras untuk mencapainya,” tambah Minarni.

 

Minarni juga mengatakan untuk kegiatan Paskibraka sangat didukung oleh sekolah.

 

“Mulai dari pembina Paskib Bapak Tyo Barance, Pembina OSIS Bapak Deri, dan Wakil Kepsek Kesiswaan Bapak Drs. Khyar Fahmi dan Kepala Sekolah Bapak Erwin Susanto, serta guru dan staf TU SMAN 4 Lubuklinggau, mendukung penuh ekskul Paskibraka,” tutup Minarni.

 

Afif tidaklah sendiri sebagai pelajar berprestasi asal Kota Lubuklinggau yang lulus rekrutmen dan sukses melakukan tugasnya menjadi Paskibraka Provinsi Sumatera Selatan tahun 2022. Ada juga rekan pelajar lainnya yaitu Syavitri Dora Ramadhani, M. Rafif Putra Kesuma, Leeryan Shareef dan Siti Fatiya Hasanah.

 

Berikut sekilas mengenai profil kedua orang tua M Afif Razan, ayahnya Iwan Inpresi, SE, MM, merupakan seorang anggota Polri yang saat ini bertugas di Polres Lubuklinggau.

 

Terkenal dengan nama Iwan Brimob lantaran sebelumnya memang anggota Brimob Polda Sumsel.

 

Di luar kegiatan utamanya sebagai anggota Polri Iwan Inpresi juga merupakan pegiat sosial media melalui Chanel YouTube bernama Iwan Brimob, Iwan cukup aktif mengunggah konten siarannya seputar hipnotis.

 

Selebihnya Iwan Inpresi juga masih aktif sebagai Dosen di Universitas Bina Insani (Univbi) dan Akbid Nusantara.

 

Sedangkan Ibunda M Afif Razan, yaitu Lestari, Am.Kep merupakan ASN yang berdinas di Puskesmas Taba, Kota Lubuklinggau. (*)