Luar Biasa, Lulusan MAN 1 Lubuklinggau Diterima di Tiga Universitas Polandia Sekaligus

Lubuklinggau, BLLG – Jika berbicara siswa berprestasi, MAN 1 Model Lubuklinggau adalah gudangnya. Salah satu sekolah menengah atas favorit di Bumi Silampari ini tidak pernah lelah menghasilkan generasi cerdas dan berprestasi setiap tahunnya. Baik tingkat kota, provinsi, nasional, bahkan kelas internasional sekalipun.

Seperti tahun 2022 ini, salah satu lulusan terbaik MAN 1 Model Lubuklinggau mencatatkan prestasi membanggakan di tingkat internasional.

Adalah Valen Vallagest, alumni MAN 1 Model Lubuklinggau angkatan 2022 yang telah berhasil diterima di universitas di Negara Polandia. Membanggakannya, Valen tidak hanya diterima di satu universitas saja, tapi tiga universitas ternama sekaligus.

Adapun universitas yang menerima Valen adalah Universitas Vistula (Vistula University), Universitas Wroclaw (University of Wroclaw) dan Universitas Warsaw (University of Warsaw).

Valen Valagest, saat diwawancarai tim Berita Lubuklinggau, Jum’at (17/6/2022) mengungkapkan bahwa keberhasilannya bukan karena kebetulan saja, namun ada persiapan yang panjang yang sudah direncanakan oleh Valen.

“Awal mula tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri berawal dari ketertarikan saya dengan bahasa-bahasa asing saat masih di bangku SMP. Sejak itu, saya punya keinginan untuk bisa berbicara langsung dengan orang-orang dari berbagai negera. Dan dari sinilah keinginan belajar di luar negeri itu muncul di hati saya,” ungkapnya.

Setelah masuk ke jenjang menengah atas tepatnya di MAN 1 (Model) Lubuklinggau, demi mewujudkan mimpinya untuk bisa berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia, Valen belajar dengan serius beberapa bahasa, seperti bahasa Inggris, Arab, Turki, Polandia dan juga bahasa Rusia. Tidak hanya itu, dirinya juga bergabung dengan komunitas Polyglot.

“Di komunitas itu saya menemukan banyak orang-orang dari berbagai negara yang menguasai banyak bahasa, semakin kuat keinginan saya untuk bisa berinteraksi lebih, saya dengan antusias ikut belajar bersama teman-teman yang berasal dari berbagai negara lewat aplikasi zoom dan discord,” terang Valen menjelaskan perjalanannya.

Valen menerangkan jika dirinya juga mengambil kelas online bahasa pada waktu itu, kemudian ketika beranjak ke kelas XII ia mulai mencari informasi tentang universitas-universitas di luar negeri dengan bantuan teman-temannya di komunitas yang diikutinya.

Apakah perjalanan Valen mulus? Tidak juga. Dirinya pernah mengalami kesulitan yaitu di sertifikat Bahasa Inggris, dulu skor sertifikat Bahasa Inggrisnya belum memenuhi persyaratan.

Tak patah arang, Valen tingkatkan lagi kemampuan bahasa Inggrisnya dengan mengikuti program dari Kampung Inggris dan ikut lomba Duta Bahasa Inggris.

“Setelah semua itu, saya mengikuti tes Bahasa Inggris lagi dan Alhamdulillah skornya memenuhi persyaratan untuk daftar kuliah di luar negeri,”katanya.

Valen melanjutkan, “Saya merasa sangat bersyukur, karena ketekunan belajar dan usaha keras selama ini bisa membuahkan hasil yang baik,” ceritanya.

Valen Vallegast menjelaskan dari tiga universitas di Polandia yang telah menerimanya tersebut, University of Wroclaw  lah yang menjadi pilihan hatinya, dia akan masuk di program studi Kimia.

Untuk selanjutnya, Valen berharap bisa menjalankan kuliah dengan baik dan lancar, serta bisa berkontribusi untuk memajukan Indonesia dan mengharumkan nama Indonesia. Tak lupa Valen juga memberikan pesan untuk adik-adik kelasnya.

“Untuk adik-adik tingkat, semoga adik-adik bisa selalu Istiqomah dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, agar bisa membanggakan orang tua, guru, bangsa dan negara,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Model Lubuklinggau, Taslim, mengucapkan selamat dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Valent Vallegast atas prestasinya tersebut.

“Semoga apa yang telah dicapai ini bisa memberikan motivasi bagi yang lain, karena pada pokonya, apapun yang dilakukan siswa untuk kebaikan bersama sangat kami dukung,” katanya.

”Ini prestasi angkatan 2022. Kita dukung terus siswa yang membawa prestasi, membawa nama baik MAN 1 Model Lubuklinggau, Kemenag, dan Negara Indonesia,” ungkap Taslim.

Tak berbeda, Waka Kesiswaan Hj. Anissa juga mengungkapkan apresiasinya.

“Yang pasti kami ikut bersyukur atas keberhasilan ini, suatu terobosan yang sangat baik bagi Alumni MAN 1 Model Lubuklinggau,” terangnya kepada BLLG.

Hj. Annisa menambahkan, bahwa saat ini Valen juga masih menunggu pengumuman beasiswa ke Turki, karena beasiswa yang ke Turki masih dalam proses evaluasi.

“Namun kalau memang dia memilih yang di Polandia, kami tetap mendoakan yang terbaik, Insya Allah tahun depan bisa mulai kuliahnya. Semoga tetap tekun dengan pilihannya, istiqomah dalam ibadahnya dan semoga menjadi motivasi bagi alumni-alumni yang akan datang,” pungkas Hj. Annisa. (*)