Latih Keterampilan Anggota, DPKPPB Gelar Perlombaan Ketangkasan Pemadam Kebakaran

 

Lubuklinggau, BLLG – Lapangan Perbakin, Sabtu (27/08/2022) pagi, mendadak ramai dengan berkumpulnya ratusan anggota Pemadam Kebakaran Kota Lubuklinggau. Mereka berkumpul bukan untuk memadamkan api, melainkan untuk mengikuti Lomba Ketangkasan Pemadam Kebakaran.

 

Kegiatan diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Lubuklinggau melalui Dinas Pemadam Kebakaran, Penyelamatan, dan Penanggulangan Bencana (DPKPPB) Kota Lubuklinggau pada Sabtu, (27/08/2022) Pukul 07.30 WIB – 13.00 WIB. Perlombaan Ketangkasan Pemadam Kebakaran ini sendiri sudah dipersiapkan sejak Bulan Juli 2022, namun baru diselenggarakan pada akhir Agustus 2022 sebagai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia. Lomba ini terdiri dari 9 regu dan 6 posko, serta terdapat 2 Tim Srikandi.

 

Kepala DPKPPB, H. Luthfi Ishak, mengatakan bahwa perlombaan tersebut bertujuan sebagai motivasi dan disiplin kerja anggota pemadam kebakaran untuk selalu siap siaga.

 

“Kita sedang mengadakan Lomba Ketangkasan Pemadam pola 1, sebagai bentuk motivasi kerja anggota pemadam kebakaran agar siap siaga dan siap melayani masyarakat Kota Lubuklinggau 24 jam,” ucap Luthfi saat diwawancarai tim Berita Lubuklinggau, Sabtu (27/08/22).

 

Dengan adanya lomba Ketangkasan Pemadam Kebakaran dapat melatih anggota lebih sigap dalam penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Damkar.

 

“Melatih tentang melempar dan menggulung selang, serta teknik pemadaman 1. Penilaian yang dilihat berupa ketangkasan, kekompakan, dan keselamatan,” sambung Luthfi.

 

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Sekretaris DPKPPB, Veri Afriansyah berharap anggota Damkar yang berjumlah 162 orang dapat mengasah skill siap pakai. Kapanpun dan di manapun kejadiannya harus siap.

 

“Ada 6 posko dalam lomba ini yang terdiri dari Pos Utara Induk, Pos Timur, Pos Selatan, Pos Barat, Pos Utara Petanang, dan Pos PB. Dan tujuan lomba ini dibuat untuk memotivasi mereka supaya jika ada kekurangan bisa ditingkatkan lagi. Damkar akan membuat acara perlombaan lagi Insya Allah pada HUT Kota Lubuklinggau bulan Oktober mendatang,” ujar Feri.

 

Kabid Penanggulangan Bencana (PB) DPKPPB Lubuklinggau, Suryo, mengatakan bahwa pihaknya memang harus selalu melakukan latihan-latihan penanggulangan bencana khususnya bahaya kebakaran.

 

“Kami sebagai petugas lapangan di DPKPPB harus sering mengadakan pelatihan-pelatihan, salah satunya perlombaan. Dengan selalu dilatih maka kesigapan dan ketangkasan anggota tetap terpelihara dan terjaga, untuk meminimalisir terjadinya kendala pada waktu kebakaran,” tutur Suryo.

 

Selain itu, tim regu yang mengikuti kegiatan lomba ketangkasan pemadam ini turut memberikan tanggapan dan apresiasi mereka.

 

“Kami sebagai Tim Srikandi yang baru pertama kali terjun ke lapangan merasakan dengan adanya kegiatan ini sedikit banyaknya kami tahu ilmu memadamkan api, serta kami berharap ini tidak hanya sekali, tetapi bisa terus berkelanjutan agar kami bisa menambah ilmu, wawasan, serta ketangkasan kami,” ucap Tim Srikandi.

 

Tak hanya dari Tim Srikandi, tim PB pun juga memberikan tanggapannya.

 

“Dikarenakan ini baru pertama kali, jadi kami sangat bersemangat dan berantusias untuk mengikuti lomba, dan mudah-mudahan Damkar Lubuklinggau lebih maju,” tutur Ricki, perwakilan dari tim PB.

 

Untuk pengumuman pemenang Lomba Ketangkasan Pemadam ini akan diumumkan pada Hari Senin, 5 September 2022 pada saat apel pagi bersama di Kantor DPKPPB Kota Lubuklinggau. (pgp, shella)

error: Maaf Konten Di Proteksi