Laporkan Kegiatan, Pemuda Batak Bersatu Lubuklinggau Audiensi Bersama Kesbangpol

Lubuklinggau, BLLG – Dalam rangka tertib administrasi organisasi, serta koordinasi terkait hal ikhwal mengenai hak-hak dan kewajiban Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), Dewan Pimpinan Cabang Pemuda Batak Bersatu (DPC PBB) Kota Lubuklinggau mendatangi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Lubuklinggau, Rabu (21/09/2022) sekira Pukul 13.30 WIB di komplek perkantoran Pemerintah Kota Lubuklinggau, Watas, Lubuklinggau Barat I.

Kedatangan Pemuda Batak Bersatu Kota Lubuklinggau bertujuan untuk bersilaturahmi dan melaporkan kegiatan-kegiatan sosial dan ke-ormas-an selama satu tahun terkahir serta meminta saran dan masukan dari Badan Kesbangpol Kota Lubuklinggau terkait arah besar yang bisa dilakukan oleh ormas untuk membantu mensukseskan program Pemerintah Kota Lubuklinggau.

Kedatangan Pemuda Batak Bersatu di Kantor Badan Kesbangpol Lubuklinggau disambut langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Kota Lubuklinggau, Firdaus Abky, yang didampingi oleh para kabid dan staff nya.

Ketua DPC Pemuda Batak Bersatu Kota Lubuklinggau, Amberdy Situmorang, dalam penyampaiannya menyatakan bahwa Pemuda Batak Bersatu hadir khususnya di Kota Lubuklinggau membawa prinsip utama ormas Pemuda Batak Bersatu.

“Empat prinsip utama PBB ini adalah Solidaritas, Toleransi, Rukun, dan Gotong-royong, dan tambahan satu lagi, NKRI harga mati. Maka dari itu kehadiran PBB untuk dapat memberi kontribusi dalam persatuan dan kesatuan di Kota Lubuklinggau. Kehadiran kami juga meminta saran bagaimana konsep besar program Pemkot Lubuklinggau untuk menjaga pluralisme dan Lubuklinggau Madani juga bisa diperankan oleh ormas seperti PBB,” terang Amberdy dalam diskusi.

Selain itu, Amberdy juga menerangkan program-program yang telah dilaksanakan oleh Pemuda Batak Bersatu Kota Lubuklinggau.

“Kami informasikan juga kepada pak Kaban bahwa PBB telah melaksanakan program-programnya khususnya dalam bidang sosial. Baik hal duka maupun bahagia dalam pernikahan kami melakukan pendampingan terhadap setiap anggota dan orang Batak pada umumnya di Kota Lubuklinggau,” sambung Amberdy.

Pemuda Batak Bersatu Kota Lubuklinggau juga telah melakukan kegiatan sosial eksternal seperti ikut dalam pelaksanaan apel pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022 bersama Polres Lubuklinggau serta pengamanan Idul Fitri tahun 2021 yang waktu itu serentak dengan Kenaikan Isa Almasih.

Amberdy secara terbuka meminta kepada Badan Kesbangpol Lubuklinggau untuk dapat bersinergi dalam memajukan serta merajut keberagaman dan persatuan di Kota Lubuklinggau. Ia juga meminta Kesbangpol tak segan-segan menghubungi pihaknya apabila ada hal yang harus dilakukan, PBB Kota Lubuklinggau siap bekerjasama.

“Keberadaan PBB Lubuklinggau bukan bermaksud untuk menonjolkan kesukuan kami, tetapi untuk menegaskan bahwa kami bangso Batak ingin dan berusaha untuk ikut dan berbuat demi kepentingan bersama menuju masyarakat yang plural dan madani,” tegas Amberdy.

Kedatangan Pemuda Batak Bersatu Kota Lubuklinggau disambut baik oleh Ketua Badan Kesbangpol Kota Lubuklinggau, Firdaus Abky. Firdaus meminta untuk bersama tetap menjaga kondusifitas daerah di tengah program Kota Lubuklinggau Ayo Ngelong Ke Lubuklinggau Tahun 2023 dan yang terdekat adalah Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Rakor Forkopimda) Se Provinsi Sumatera Selatan.

“Kami meminta kerjasamanya untuk menjaga kondusifitas daerah di tengah sibuknya Pemkot Lubuklinggau dalam mempersiapkan program-program mendatang. Dalam waktu dekat ini akan ada Rakor Forkopimda Se Provinsi Sumatera Selatan di Lubuklinggau yang akan mendatangkan para pemimpin daerah ke Lubuklinggau. Kita jaga bersama wajah Kota Lubuklinggau untuk tetap menjadi Kota yang aman, damai, dan plural. Tentu dengan PBB Kota Lubuklinggau sebagai salah satu kontributornya,” minta Firdaus.

Firdaus juga meminta do’a agar tahun anggaran 2023 badan yang dipimpinnya kembali memiliki anggaran untuk pembinaan ormas, sehingga bisa membantu PBB Kota Lubuklinggau.

“Meski tidak banyak, semoga nanti bisa menjadi kontribusi yang nyata dari Pemkot Lubuklinggau untuk membantu rekan-rekan dalam menjalankan programnya, doakan saja kita sudah punya anggaran itu,” harap Firdaus.

Selain itu Firdaus juga mengucapkan terimakasih atas kedatangan PBB Kota Lubuklinggau ke kantornya. Menurutnya itu adalah langkah yang baik untuk memulai hubungan yang harmonis. Dirinya juga meminta agar PBB Kota Lubuklinggau dalam menjalankan program-programnya tak segan memberikan undangan ataupun pemberitahuan kepada pihaknya agar dapat terjalin silaturahmi dan sebagai bukti eksistensi dan keaktifan PBB Kota Lubuklinggau dalam memberikan kontribusi yang positif di Kota Lubuklinggau.

Audiensi berlangsung akrab dan penuh senda gurau, kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan laporan dokumentasi kegiatan tahunan PBB Kota Lubuklinggau ke Kesbangpol Lubuklinggau.

Ketua Pemuda Batak Bersatu Kota Lubuklinggau sendiri didampingi oleh Sekretarisnya, Bayu Sembiring, Waka II, J. Sinaga, Waka III, Sahata Nababan, Ketua Bidang Humas, Basirun Sibuea, Srikandi PBB Lubuklinggau, Siti R. Sirait, Bidang Hukum dan HAM, Fran Sembiring dan Hengki Waruwu.