Lapas Kelas IIA Muara Beliti Lakukan Razia Rutin Guna Antisipasi Penyalahgunaan Narkotika

 

* KPLP pastikan tidak ada Penyalahgunaan Narkotika di Lapas

???? ?????, ???? – Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Muara Beliti akan terus melakukan terus meningkatkan sistem pengamanan di Lapas tersebut, khususnya dalam mengawasi dan membina para warga binaan, Jum’at (18/2/22).

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Rudik Erminanto melalui KPLP Roby Fernandez mengatakan, “Kami terus melakukan pengecekkan sesuai dengan program pemerintah War To Drugs khususnya di Lapas ini,” jelasnya.

Bahkan, ia memastikan tidak ada penyalahgunaan Narkoba yang dilakukan Napi di Lapas Muara Beliti ini. Pihaknya rutin melakukan razia isedentil yang dilakukan setiap minggu dengan memeriksa setiap blok dan kamar yang ada, dengan tujuan untuk meminalisir dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan termasuk penyalahgunaan Narkoba.

Kemudian, untuk waktu yang diberikan bagi napi yang ingin menghubungi pihak keluarga melalui layanan wartel yang telah disediakan juga dibatasi. Baik secara data orang yang dihubungi dan hubungan dalam kererabatan juga wajib dicantumkan. Termasuk, percakapan juga diawasi untuk meminalisir adanya hal yang menyimpang.

Dalam rangka deteksi dini gangguan Kamtib, Berantas Narkoba dan Sinergitas APH plus Back To Basig. Petugas terus diingatkan bagi yang bermain mata maka akan tahu apa yang menjadi konsekwensinya, karena pihaknya tidak menutup mata atau menghalang-halangi Aparat Penegak Hukum (APH).

Hal ini dilakukan sebagai upaya agar tidak ada ruang untuk penyalahgunaan narkoba, karena dengan jumlah petugas yang terbatas, tidak sebanding dengan napi yang akan diawasi ada ratusan orang. Sehingga pasti ada celah walaupun pihaknya tetap berusaha memperbaikinya agar tidak berdampak secara umum.(*).