Lanjutkan Safari Organisasi, Pemuda Batak Bersatu Audiensi Bersama Dinas Sosial Lubuklinggau

Lubuklinggau, BLLG – Setelah sebelumnya melakukan audiensi bersama Kesbangpol Kota Lubuklinggau pada Rabu (21/08/2022), Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Batak Bersatu Kota Lubuklinggau kembali melakukan safari organisasi, Rabu (28/09/2022), sekira Pukul 13.00 WIB. Kali ini Pemuda Batak Bersatu Kota Lubuklinggau mengunjungi dan beraudiensi dengan Dinas Sosial Kota Lubuklinggau.

Pemuda Batak Bersatu Kota Lubuklinggau disambut langsung oleh Kepala Dinas Sosial yang diwakilkan oleh Sekretaris Dinas, Faisal, dan Kepala Bidang Penanggulangan Fakir Miskin, Juarsa. Audiensi berlangsung interaktif dan dialog dengan suasana yang cair.

Ketua Pemuda Batak Bersatu Kota Lubuklinggau, Amberdy Situmorang, didampingi oleh pengurus lainnya, menjelaskan bahwa kedatangannya ke Dinas Sosial sebagai bentuk penegasan bahwa Pemuda Batak Bersatu bersedia dan siap untuk hadir membantu Dinas Sosial Lubuklinggau dalam menjalankan fungsinya mengentaskan permasalahan sosial yang ada di Kota Lubuklinggau.

“Tujuan kedatangan kami yang pertama adalah tentu menjalin silaturahmi, mengenalkan diri kepada Dinas Sosial bahwa kami Pemuda Batak Bersatu aktif dalam menjalankan fungsi kami sebagai ormas khususnya dalam bidang sosial. Kedua kami meminta kepada Dinas Sosial Lubuklinggau apabila ada hal-hal yang perlu dibantu mohon dapat menghubungi kami agar sinergi kita dapat terbangun,” ujarnya.

Selain itu, Amberdy juga meminta petunjuk dan arahan dari Dinas Sosial terkait pendaftaran ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementrian Sosial agar dapat membantu menjawab apabila nanti ada anggota Pemuda Batak Bersatu atau masyarakat yang tinggal di lingkungan anggota bertanya terkait permasalahan tersebut.

“Siapa tahu dari Dinsos dan Pegawai Sosial Masyarakat (PSM) yang di kelurahan ada halangan waktu dan jangkauan, Pemuda Batak Bersatu siap untuk membantu menjembatani itu, tentu dengan tetap berkoordinasi dengan pihak yang berwenang,” tambah Amberdy.

Hal tersebut disambut baik oleh Dinsos Kota Lubuklinggau melalui Sekretaris Dinas, Faisal, ia mengaku bangga dengan kedatangan Pemuda Batak Bersatu ke Dinsos Lubuklinggau.

“Kami sangat bangga dan mengapresiasi rekan-rekan dari Pemuda Batak Bersatu bersedia hadir di sini. Ini sebagai awal yang baik untuk sinergitas kita antara Dinsos dan Pemuda Batak Bersatu. Kami terkesan didatangi, ini kami tangkap sebagai niat baik organisasi dalam menjalin kerjasama,” terang Faisal dalam sambutannya.

Sementara itu terkait pendaftaran di DTKS dijawab oleh Kabid Penanggulangan Fakir Miskin, Juarsa, bahwa syaratnya hanya fotocopy KK dan keterangan tidak mampu dari pihak kelurahan.

“Setelah terdaftar di DTKS baru bisa kita berbicara masalah bantuan pusat. Itupun bukan kita yang tentukan, nanti pusat yang akan menentukan bantuan apa yang layak. Namun setidaknya, kita harus mendaftar dulu, kalau tidak terdaftar sampai seumur hidup pun kita mengeluh tidak akan bisa mendapat bantuan itu,” ujar Juarsa.

Ia juga meminta bantuan Pemuda Batak Bersatu Kota Lubuklinggau untuk menjelaskan hal tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman di tengah masyarakat.

Diskusi dan dialog berlangsung hangat dengan solusi-solusi dan penjelasan terhadap permasalahan sosial yang ada di Kota Lubuklinggau. Pemuda Batak Bersatu juga berharap agar apabila ada kegiatan maupun giat aksi dari Dinsos agar jangan sungkan untuk menghubungi.

Audiensi diakhiri dengan berfoto bersama di ruang pelayanan Dinsos Kota Lubuklinggau.

 

error: Maaf Konten Di Proteksi
Exit mobile version