KKN UNIVBI Sukses, Rektor Acungi Jempol Manajemen Keuangan Peserta KKN

Lubuklinggau, BLLG – Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Bina Insan (UNIVBI) Kota Lubuklinggau Tahun Akademik (TA) 2021/2022 telah mencapai puncaknya. Kamis (15/09/2022) UNIVBI melaksanakan penutupan acara KKN mahasiswanya yang sudah berlangsung selama satu bulan setengah.

Penutupan KKN UNIVBI Lubuklinggau berlangsung di Kampus A UNIVBI Lubuk Kupang yang dimulai Pukul 10.00 WIB. Penutupan dihadiri langsung oleh Rektor UNIVBI, DR. H. Sardiyo, Ketua Penyelenggara KKN UNIVBI, Muhammad Akbar, M.IT, Wakil Rektor II, Wahid Nur Mukhlis, M.Pd, Ketua Panitia KKN UNIVBI, Flenco Nerohoston, para dosen pembimbing, panitia mahasiswa, serta seluruh mahasiswa/mahasiswi peserta KKN UNIVBI Tahun 2022.

Ketua Penyelenggara KKN UNIVBI TA 2021/2022, Muhammad Akbar, M.IT, dalam laporannya menjelaskan bahwa KKN telah berlangsung sejak Tanggal 1 Agustus 2022 sampai dengan 15 September 2022 dengan jumlah peserta sebanyak 291 orang.

“Penutupan KKN ini sebagai penanda berakhirnya KKN di UNIVBI TA 2021/2022. Terdata bahwa peserta sebanyak 291 orang yang terbagi dalam 38 kelompok KKN,” terang Akbar.

Akbar juga menjelaskan bahwa dari 291 orang tersebut berasal dari program studi (prodi) Manajemen sebanyak 188 orang, prodi Akutansi 58 orang, prodi Hukum 27 orang, prodi Agroteknologi 12 orang, dan prodi Perikanan 6 orang. Kesemuanya dibagi dalam 38 kelompok dengan 36 kelompok melaksanakan KKN di lingkungan kampus dan 2 kelompok melaksanakan KKN di Desa Semangus, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas.

“Selama KKN peserta telah melakukan berbagai macam program kerja yang bermanfaat untuk kampus. Seperti pemugaran pagar Kampus B, renovasi mushola Kampus A dan Musholla Kampus B, serta pembuatan tugu di Kampus A,” sambung Akbar.

Sementara itu, Ketua Panitia KKN UNIVBI Lubuklinggau, yang juga sebagai wakil mahasiswa KKN, Flenco Nerohoston, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelenggaraan KKN UNIVBI TA 2021/2022.

“Terimakasih kepada bapak/ibu dosen yang mensupport. Bimbingan dan dukungan selama KKN sangat membantu kami selaku mahasiswa untuk menyelesaikan tugas-tugas KKN. Kami juga ucapkan terimakasih kepada tim pembangunan di dalam kampus dan luar kampus yang sekali lagi sangat membantu kami,” ungkap Flenco dalam sambutannya.

Flenco juga berharap program yang dibuat selama KKN dapat menjadi kebanggaan bagi kampus. Selain itu Flenco juga mengingatkan kepada rekan-rekannya sesama peserta KKN untuk jangan bersantai walau baru usai menyelenggarakan KKN, pasalnya tugas akhir sudah menanti.

“Bagaimana kawan-kawan? Kok lesu? Apa sudah lelah dengan KKN ini? Sabar, terus semangat, karena tidak ada waktu bersantai, skripsi sudah menunggu,” ujar Flenco sembari bergurau.

Tak lupa ia memberi semangat kepada rekan-rekannya untuk lulus tepat waktu.

“Semoga kita semua bisa lulus tepat waktu, ingat, kerja keras, pantang menyerah, dan solidaritas adalah prinsip kita,” pungkas Flenco dalam sambutannya.

Rektor UNIVBI, DR. H. Sardiyo, M.M, mengucapkan selamat kepada seluruh peserta KKN yang telah menyelesaikan tugasnya, ia juga berharap mahasiswa semester akhir untuk fokus menyelesaikan perkuliahan tepat waktu.

“Selamat kepada anak-anak sekalian, tapi ingat tugas akhir akan segera dihadapi, harapan saya kalian bisa lulus tepat waktu. Di semester 7 ini, yang sekarang KKN, sudah bisa mulai menyusun tugas akhir, harapan saya semuanya yang KKN ini bisa lanjut untuk menyusun skripsi,” ungkap H. Sardiyo.

H. Sardiyo juga memberikan kritiknya terkait pelaksanaan KKN UNIVBI tahun ini, sekaligus memberikan apresiasi dan pujiannya terhadap mahasiswa yang melaksanakan KKN.

“Ini mohon maaf, harus juga kita sampaikan saat pelaksanaan skripsi nanti jangan seperti KKN ini, sudah penutupan tapi program ada yang belum usai. Memang ini bukan salah mahasiswa, saya lebih menyoroti kepada keaktifan dosen pembimbing. Padahal pengelolaan keuangan peserta KKN sudah sangat bagus, kita acungi jempol, tapi support nya memang yang kurang. Ini menjadi koreksi kita dan saya harapkan tahun depan tidak terulang lagi,” ujar H. Sardiyo.

Penutupan KKN UNIVBI juga sekaligus mengumumkan para pembimbing terbaik pilihan mahasiswa KKN.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok Terbaik jatuh kepada Neksidin, DPL Kelompok Tervaforit jatuh kepada Maria, dan DPL Kelompok Teraktif diserahkan kepada Ronal.

Selain itu dalam acara penutupan tersebut diisi oleh tarian kreasi dari Mahasiswa UNIVBI. Acara berlangsung khidmat dan sukses dan diakhiri dengan penyerahan piagam peserta KKN dari kampus kepada perwakilan mahasiswa yang melaksanakan KKN.