Ketua PWI Sumsel Kurnaidi ST Kunjungi PWI Musi Rawas, Berikan Keringanan Biaya Kartu Keanggotaan

MUSI RAWAS – Kunjungan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Selatan, Kurnaidi ST, ke Sekretariat PWI Musi Rawas pada Minggu (30/6/2024) membawa kabar baik bagi anggota PWI di Sumsel.

Kurnaidi memberikan keringanan biaya dalam pengurusan kartu keanggotaan organisasi.

“Sejak dilantik, saya menekankan untuk tidak membebankan anggota dalam mengurus kartu anggota. Kita kembalikan lagi sesuai aturan, yakni hanya dibebankan biaya iuran keanggotaan,” ujar Kurnaidi ST di Sekretariat PWI Musi Rawas.

Dalam aturan yang tertuang di Peraturan Dasar (PD) dan Peraturan Rumah Tangga (PRT) PWI, anggota diwajibkan memberikan iuran keanggotaan. Biaya kartu anggota muda sebesar dua ratus ribu rupiah, sedangkan kartu anggota biasa sebesar dua ratus lima puluh ribu rupiah.

“Biaya tersebut merupakan iuran keanggotaan PWI dan pengajuan pengurusannya harus melalui pengurus PWI setempat yang kemudian disampaikan ke PWI Sumsel,” jelas Kuyung Kur, sapaan akrab Kurnaidi.

Kuyung Kur berharap ke depannya tidak ada lagi kartu anggota yang mati atau bahkan belum memiliki kartu. “Semua anggota PWI di Sumsel harus memiliki kartu anggota yang aktif,” tegasnya.

Dalam kunjungannya ke PWI Musi Rawas yang didampingi Waka Organisasi Rican Joe dan pengurus PWI Sumsel lainnya, Kuyung Kur mengingatkan semua pengurus dan anggota PWI untuk tetap berpegang teguh pada aturan organisasi, aturan pers, serta kode perilaku wartawan terutama dalam pelaksanaan Pilkada serentak.

“Jangan terlibat politik praktis dan menjadi tim sukses pasangan calon. Akan ada sanksi tegas bila melanggar aturan tersebut. Silakan ajukan cuti dari pengurus dan aktivitas profesi bila tercatat sebagai tim sukses,” ungkapnya.

Pada Pilkada serentak ini, lanjut Kuyung Kur, pengurus PWI kabupaten/kota harus memberikan kontribusi pada sosialisasi, literasi, dan edukasi dalam setiap tahapan hingga pelaksanaan Pilkada nantinya.

“Peran Mappilu (Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu) PWI harus dijalankan sesuai fungsinya. Bangun komunikasi dan kedepankan fungsi kontrol sosial kita.

Mari kita jaga marwah organisasi PWI,” tegas Kurnaidi ST.Ketua PWI Musi Rawas, Jhuan Silitonga, menyambut baik kunjungan Ketua dan Pengurus PWI Sumsel.

“Walau kunjungan ini mendadak, kami merasa bangga karena upaya yang dilakukan Kuyung Kur merupakan wujud perhatian dan motivasi bagi pengurus di daerah,” kata Jhuan.

Dia juga akan menindaklanjuti arahan yang disampaikan Ketua PWI Sumsel untuk dilaksanakan di Musi Rawas.

“Terima kasih Pak Ketua dan rekan-rekan Pengurus PWI Sumsel atas kunjungannya ke Sekretariat PWI Musi Rawas. Semoga kunjungan ini memberikan keberkahan bagi kami dalam membangun serta menjaga marwah organisasi ini. Terkait kartu anggota, akan kami laporkan ke PWI Sumsel karena masih terdapat anggota kami yang belum memiliki kartu anggota,” ringkas Jhuan. (*)

Penulis: LorenzaEditor: Rah Zainal
error: Maaf Konten Di Proteksi