Keren! Sambut HUT Ke-77 RI, Di Sumber Agung Ada Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih

Lubuklinggau, BLLG – Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2022 disambut gegap gempita oleh seluruh rakyat Indonesia dengan berbagai kegiatan yang unik. Seperti di RT.01, Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Kota Lubuklinggau juga tak mau ketinggalan. Kerennya, sebelum acara hiburan peringatan HUT Kemerdekaan RI yang akan diisi dengan berbagai macam perlombaan, masyarakat Kelurahan Sumber Agung, khususnya RT.01 terlebih dahulu menggelar upacara bendera, Rabu (17/08/2022) sekira Pukul 08.00 WIB.

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Kelurahan Sumber Agung diikuti antusias oleh masyarakat. Dengan menggunakan dress code merah putih, warga dengan khidmat menjalankan upacara. Petugas-petugas upacara disiapkan sedemikian rupa, bahkan telah terlebih dahulu melakukan latihan.

Ketua RT.01, Kelurahan Sumber Agung, yang juga berperan sebagai pembina upacara, Ersak Dianto, menerangkan bahwa dirinya dengan dibantu Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan masyarakat sekitar menyiapkan upacara sejak satu minggu sebelumnya.

“Upacara pengibaran Bendera Merah Putih ini betul-betul disiapkan oleh warga. Lebih kurang satu minggu warga latihan untuk menggelar upacara ini. Ini sebagai bentuk kecintaan kami terhadap Republik Indonesia tumpah darah kita semua,” ungkap Ersak.

Ersak juga menjelaskan bahwa upacara tersebut sebagai gerakan masyarakat yang secara sadar ingin menghargai jasa para pahlawannya.

“Kalau mau ikut upacara di tingkat kota mungkin warga banyak yang tidak bisa. Namun euforia warga sudah ingin sekali untuk ikut merasakan nuansa upacara, sehingga kami berinisiatif membuat upacara ditingkat kelurahan ini. Dengan upacara ini warga secara khidmat dan emosional mengenang jasa para pahlawan kita,” sambung Ersak.

Tak lupa Ersak menghaturkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara.

“Terimakasih kepada semua warga, khususnya RT.01 yang telah membantu baik materi maupun immaterial. Juga kepada sponsor, seperti Es Krim Walls yang sudah ikut membantu terselenggaranya acara ini. Tanpa kekompakan kita ini semua tidak akan terjadi,” terang Ersak.

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Sumber Agung, Sutrisno S, didampingi oleh perwakilan Pemerintah Kelurahan Sumber Agung, Bunasri Eriyansyah, mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Ini hal yang baru bagi kita. Dilakukan oleh sipil, apalagi sebagian besar ibu-ibu dan bapak-bapak. Latihannya juga tidak didampingi oleh profesional, memang ada Pak Budi selaku anggota Polri yang turut membantu, namun karena yang dilatih banyak pasti akan ada kekurangan. Namun niat warga dalam nasionalisme dan patriotisme tentu harus kita apresiasi,” ungkap Sutris.

Ersak, Sutris, dan seluruh warga berharap agar upacara pengibaran bendera tersebut akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya demi menjaga persatuan dan kesatuan warga, tentu dengan perbaikan-perbaikan yang akan dilakukan agar upacara semakin sempurna.

Setelah Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih akan dilanjutkan dengan perlombaan untuk anak-anak di RT.01, Kelurahan Sumber Agung, selanjutnya pada Tanggal 18 Agustus 2022 akan diadakan lomba untuk dewasa dan akan ditutup dengan orgen tunggal.

error: Maaf Konten Di Proteksi