Karang Taruna Sumber Agung Gelar Rapat Kerja, Sebagai Pembuka Rangkaian Pekan Pemuda 2023

Lubuk Linggau, BLLG – Karang Taruna Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Lubuk Linggau Utara I, lagi-lagi memunculkan kreativitasnya, kali ini dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 dan menyambut Hari Pahlawan 11 November 2023, Karang Taruna Amerta Indra Kelurahan Sumber Agung menggelar Pekan Pemuda Sumber Agung Tahun 2023.

Adapun rangkaian kegiatan Pekan Pemuda Sumber Agung yang direncanakan akan berlangsung selama lebih kurang 7 hari itu (1 bulan waktu kalender) dibuka dengan Rapat Kerja Karang Taruna Kelurahan Sumber Agung Periode 2023-2028, Jum’at (27/10/2023).

Yang unik, rapat kerja yang bertema “Pemuda yang Beraksi, Bersaksi, dan Berinovasi Dalam Membangun Positivisme Menatap Indonesia Maju 2045” itu dilangsungkan di ex-Bar yang sempat di tutup beberapa waktu yang lalu di Komplek Lokalisasi Patok Besi, Jl. Kampung Baru, RT. 07, Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Lubuk Linggau Utara I, Kota Lubuk Linggau.

Rapat Kerja Karang Taruna Amerta Indra tersebut berlangsung lancar yang dibuka langsung oleh Lurah Sumber Agung pada Pukul 16.00 WIB dan ditutup Pukul 20.00 WIB. Dengan menggunakan dresscode kemeja putih pengurus KT Amerta Indra terlihat kompak dan penuh dengan kegimbaraan.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Raker KT Amerta Indra Kelurahan Sumber Agung Periode 2023-2028, Reza Kurniawan Sembiring, menjelaskan dalam laporannya bahwa kegiatan tersebut dihadiri 40 orang pengurus harian, satu orang Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Amerta Indra, tiga orang penasehat, dan Lurah Sumber Agung.

“KT Amerta Indra Kelurahan Sumber Agung terdiri dari 40 pengurus harian yang tersebar di 11 biro yang akan memaparkan program kerjanya pada rapat hari ini (Jum’at-red),” ujar Reza dalam laporannya.

Terkait lokasi Reza menjelaskan mengapa Raker dilaksanakan di eks Lokalisasi Patok Besi, menurutnya hal-hal baik bisa datang dari mana saja, tidak terkecuali hal yang dianggap buruk sekalipun.

“Serta untuk menegaskan bahwa kami tidak rela jika kata Sumber Agung berkonotasi negatif karena adanya lokalisasi, dengan ini kami hendak menegaskan bahwa ada anak-anak yang harus didukung even itu berasal dari tempat yang dianggap tabu bagi sebagain masyarakat. Bahwa ada Positivisme menyambut Indonesia Maju dari sini, tempat yang lebih dikenal dengan lokalisasinya,” ujar Reza kepada Wartawan.

Ketua Karang Taruna Amerta Indra Kelurahan Sumber Agung, Antal Azizul Yamin, berharap bahwa dengan rapat kerja ini senantiasa menjadi wadah bagi rekan pemuda Karang Taruna Amerta Indra Kelurahan Sumber Agung untuk menyatukan pandangan dan tujuan yang harus diperhitungkan dari sekarang.

“Seperti tema rapat kami menjadi pemuda yang beraksi, bersaksi dan berinovasi membangun positivisme menatap Indonesia maju 2045, artinya apa? Dengan tujuan menatap Indonesia maju 2045, tentunya harus ada perencanaan yang matang, yang mantap dan konsisten demi terwujudnya tujuan tersebut,” terang Antal saat diwawancara.

Antal juga menjelaskan jika Pekan Pemuda Sumber Agung Tahun 2023 ini sebagai mini cover Program Kerja KT Amerta Indra.

“Dalam hal Pekan Pemuda Sumber Agung 2023 ini adalah sebuah bentuk kegiatan yang kami lakukan untuk mengawali program kerja yang kami bentuk dan kami putuskan dalam Raker ini, kami memang targetkan di bulan Oktober dan November sekaligus memperingati Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan,” tambahnya.

Antal juga berharap kelak akan ada sosok pemuda di Kelurahan Sumber Agung yang menjadi pionir bagi gerakan yang lebih luas.

“Harapan kami dengan adanya rapat ini dapat menumbuhkan atau memunculkan kader-kader pemimpin yang muncul dari kalangan pemuda, khususnya dikalangan pemuda Sumber Agung yang dapat mewakili aspirasi anak-anak muda Sumber Agung untuk Sumber Agung BERCAHAYA, Berdikari, Cakap, Sehat, dan Berbudaya,” ujar mahasiswa Univbi itu.

Ditanya soal pilihan mengenakan dresscode putih, Antal menerangkan filosofinya.

“Filosofi memakai baju putih melambangkan kebersihan dan kebajikan serta kedamaian, sesuai dengan arti nama Karang Taruna kami yaitu Amerta Indra “Kebajikan yang Tak Pernah Mati”, dengan memakai baju ini, menambah kekuatan dan keyakinan yang kuat atas prinsip-prinsip kami untuk menjunjung kebajikan dan cinta damai dalam mewujudkan persatuan,” pungkas Antal.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Sumber Agung, M. Adenan Kesuma, S.E menyambut baik inovasi program yang dilakukan oleh Karang Taruna Sumber Agung. Menurutnya mental anak-anak muda harus dibangun sejak sekarang untuk menyambut Indonesia Maju 2045.

“Kegiatan Rapat Kerja Karang Taruna Kelurahan Sumber Agung di Tahun 2023 yang bertemakan ‚ÄĚPemuda yang Beraksi, Bersaksi dan Berinovasi Dalam Membangun Positivisme Menatap Indonesia Maju 2045″ tentunya menjelang tahun tersebut maka kader-kader pemuda harus dibina dan dibangun mental, karakter dan spiritnya dari sekarang, dan Raker ini menjadi pembukanya,” ungkap pria tinggi itu.

Dirinya juga tidak memungkiri bahwa butuh sosok pemuda yang muncul sebagai pemimpin lokal maupun nasional khususnya dari Sumber Agung.

“Karena kader-kader selanjutnya pasti akan meniru dan mencontoh apa yang diperbuat sekarang. Untuk itu dimulai dari saat ini kami mengharapkan akan muncul pemuda-pemuda dan karang taruna sebagai pemimpin yang berfikir besar dan berjiwa besar khususnya di Kelurahan Sumber Agung,” terangnya menambahkan.

Adenan juga menyoroti pentingnya rapat kerja sebagai landasan dan acuan untuk menjalankan program-program yang direncanakan.

“Program-program kerja KT yang dibahas dan dilaksanakan tentunya akan menjadikan pondasi untuk bisa proaktif di lingkungan masing-masing, sebagai bukti dengan kehadiran karang taruna akan menjadi sebuah solusi di masyarakat. Karena jika organisasi tidak ada rapat kerja tentunya akan bingung arahnya mau dibawa kemana. Pihak kelurahan membuka diri dengan para pemuda agar sinergisitas dengan pemerintah dan lembaga lainnya dapat sejalan dengan visi misi pembangunan Kelurahan Sumber Agung,” pungkas Adenan.

Acara Raker ditutup dengan pembacaan 37 program unggulan Karang Taruna Amerta Indra Periode 2023-2028 yang diambil dari usulan-usulan 11 biro yang ada di tubuh KT Amerta Indra.

Raker juga mendengar masukan dari Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Amerta Indra, Bayu Pratama Sembiring. Serta dihadiri oleh Ketua RT.07 Fran S, Ketua RT.03 Wiyono, Penasehat utama Suwito dan Sutrisno Joyo, serta Wakil Ketua MPKT Amerta Indra, Bunasri Eriyansyah.

Acara berlangsung khidmat dan penuh dengan rasa suka cita.

error: Maaf Konten Di Proteksi