Joging Mempunyai Banyak Manfaat Bagi Tubuh

 

 

LubukLinggau, Bllg-Joging merupakan salah satu olahraga rekreasi yang dapat di lakukan oleh siapa saja, dimana saja, kapan saja dan dengan kegiatan apa saja.

 

Olahraga ini tidak di batasi usia, jenis kelamin dan kondisi seseorang. Joging dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa persyaratan khusus karna tujuan utamannya adalah membangun dan mengembangkan kebugaran jasmani.

 

Cukup kita menyiapkan niat dan sepatu sudah bisa di lakukan ya!

Olahraga rekreasi ini dilakukan dengan berbasis masyarakat dengan memperhatikan prinsip mudah, murah, menarik, bermanfaat dan massal. Joging bisa dilakukan di pagi hari maupun sore hari, namun kebanyakan masyarakat melakukan joging di pagi hari.

 

Karna joging yang dilakukan di pagi hari dapat menghindari diri kita dari rasa malas-malasan dan udara pagi yang masih segar dan sedikitnya polusi itu dapat meningkatkan semangat berolahraga.

 

Jadikan joging sebagai hobi, karna joging merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan paru-paru, menjaga kesehatan jantung dan dapat menjaga kesehatan otot.

 

Meskipun sehabis joging tubuh kita terasa lelah, itulah efek yang dihasilkan karna adanya pembakaran kalori jahat ditubuh kita. Saat kita joging kemudian terpapar sinar matahari maka secara tidak langsung tubuh kita mendapat asupan vitamin D yang mana vitamin ini juga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Biasanya setelah kita joging akan merasa badan lebih segar dalam melakukan aktivitas dan merasa lebih rileks.Pikiran negatif yang kita rasakan pun sedikit berkurang.

 

Walaupun dengan durasi yang sedikit atau sebentar sangat berpungaruh terhadap fisik dan psikis bagi tubuh.

 

Faktanya ketika berolahraga salah satunya joging tubuh kita meningkatkan hormon endorfin, dikenal dengan hormon kebahagiaan.

 

Selain itu hormon kartisol yang berpengaruh terhadap stress dan cemas akan berkurang.Mungkin itu alasan mengapa kita lebih rileks dan tenang setelah melakukan joging.

 

Apalagi joging di ruang terbuka yang mempunyai atau ada banyak tumbuhan rindang, rasanaya akan lebih nyaman. Udara segar yang kita hirup akan meningkatkan kebahagiaan berkali-kali lipat.

 

Kemajuan zaman saat ini kita bisa melakukan aktivitas joging sambil mendengarkan musik atau yang lainya agar tambah rileks dan tenang tentu dengan menggunakan headset atau alat yang di pasang di telinga kita.

Kegiatan joging sangat cocok ketika dilakukan saat bulan puasa, tentu dengan intensitas yang sedang sedang saja menyesuaikan kondisi tubuh saat puasa.

 

Joging bisa dijadikan momen menunggu buka puasa atau biasa yang disebut ngabuburit.Jadi kita berpuasa mendapatkan pahala dan juga sehat.

 

Namun perlu kita ketahui bersama untuk yang baru melakukan joging sebaiknya jangan terlalu jauh jaraknya. Karna tubuh yang belum terbiasa akan merasakan tekanan yang berlebih yang nantinya akan mengganggu atau mengakibatkan masalah kesehatan yang berkepanjanagan.

 

Maka hindari olahraga berlebih untuk menjaga kesehatan tubuh yang kita inginkan.

Penulis : Izza Ramadani, Mahasiswa Universitas PGRI Silampari, Mata Kuliah Pendidikan Rekreasi Olahraga.

 

 

error: Maaf Konten Di Proteksi