Ini Penampakan Kantor Pos dan Telegram Pembantu di Muara Beliti 1940

 

 

Musi Rawas, BLLG- Kantor pos pembantu Muara Beliti ditutup pada tahun 1940, atau mungkin pada awal akhir tahun 1939. Sebagai gantinya, kantor pos pembantu dibuka di Muara Kelingi. Mungkin ini dilakukan karena lokasi Muara Kelingi lebih menguntungkan untuk apa pun. Saya tidak bisa membuktikannya, tapi petunjuknya jelas.

 

Yang menjengkelkan adalah laporan tahunan PTT dan Javasche Courant pada tahun-tahun terakhir sebelum era Jepang tidak memberikan informasi tentang kantor mana yang ditutup dan kapan, atau dibuka, atau ditempatkan atau diubah statusnya. Hanya angka yang disebutkan.

 

Kembali ke Muara Beliti. Kantor pos pembantu dibuka pada 1-1-1916 (Javasche Courant 25 Januari 1916, no. 7, hal. 130). Muara Beliti juga merupakan kota penting sebelum tahun 1916. Jauh lebih tua dari Bezemer adalah Kamus Geografis dan Statistik Hindia Belanda (1859-69).

 

Pada bagian II ditulis tentang MOEARA BELITI: desa di Sumatera, tempat tinggal Palembang, persatuan Kelingi dengan Beliti. Di sini tinggal seorang Pengendali kelas dua (controleur), yang ditugasi dengan otoritas sipil. Pegunungan di dekat desa ini memiliki benzoin dan rotan. Muara Kelingi tidak ada di dalamnya.

 

Sebagai jasa pos, Onderneming Taba Pingin Nv (Perkebunan Kelapa Sawit) pun pernah melakukan pengiriman dokumen kepada Departemen Pertanian di Bogor (Buitenzorg).

 

Source: zwp-lbstudie.nl & digitalcollections.universiteitleiden.nl