Giat Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Lapas Narkotika Muara Beliti Rutin Lakukan Perawatan Dan Rolling Gembok

 

Musi Rawas, BLLG –Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti melalui jajaran Keamanan dan Ketertiban (kamtib) dan KPLP melakukan perawatan dan rolling gembok kamar hunian narapidana, Selasa (29/03/22).

 

 

Giat insidentil tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya dalam melakukan deteksi dini guna mencegah terjadinya gangguan kamtib di Lapas Narkotika Muara Beliti.

 

Kasi Kamtib, Suradi mengatakan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sebagai upaya deteksi dini untuk mencegah gangguan kamtib di Lapas.

 

Sementara itu, Ka. KPLP, Roby Fernandez yang juga berkolaborasi dalam kegiatan ini mengatakan kegiatan ini juga lebih giat dilakukan dalam rangka menjelang bulan suci Ramadhan.

 

“ Tujuan dari kegiatan ini untuk memastikan tidak adanya gembok yang rusak atau sudah tidak layak pakai dan menghindari upaya duplikasi kunci gembok oleh narapidana,” ucap Roby

 

Selain rolling gembok, dilakukan pula pemeriksaan dan pembersihan kunci dan gembok blok hunian, kunci dan gembok Petugas Pintu Utama, serta pos pengamanan.

 

Disisi lain, Kepala Lapas Narkotika Muara Beliti, Rudik Erminanto, menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu strategi keamanan guna mencegah gangguan kamtib sebagaimana komitmen bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang dituangkan dalam Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu deteksi dini, berantas narkoba, dan sinergi. “Gangguan kamtib merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi di lingkungan Pemasyarakatan. Hal itu tentunya menjadi perhatian, khususnya di Lapas Narkotika Muara Beliti,” tegasnya. (Rls/nal)

error: Maaf Konten Di Proteksi