Dukung Langkah Kapolres Sikat Pungli, Mahasiswa Gelar Aksi Damai

Lubuklinggau, BLLG- Aliansi Mahasiswa Bersatu Kota Lubuklinggau menggelar aksi damai dan orasi di Depan Polres Musi Rawas, Sabtu (21/05/2022) sekira Pukul 10.00 WIB.

Aksi yang dilakukan oleh para mahasiswa tersebut sebagai bentuk apresiasi mahasiswa terhadap kinerja cepat, tepat, dan sigap Kapolres Musi Rawas beserta jajarannya dalam melakukan pengawasan terhadap pembangunan jembatan penghubung Musi Rawas – PALI yang rawan pungutan liar (pungli) terhadap pengendara yang hendak melalui jembatan darurat di atas Sungai Teras, Kecamatan BTS Ulu, sementara jembatan utama sedang dibangun.

Koordinator aksi, Dendi Sastra, menerangkan jika aksi yang dilakukan tersebut merupakan satu bentuk apresiasi untuk Polres Musi Rawas yang dengan sigap mengamankan hal-hal yang meresahkan masyarakat khususnya pungli di jembatan darurat Mura – PALI yang sedang dibangun.

“Yang pertama kami mengapresiasi langkah Kapolres Mura dan jajaran yang telah melakukan upaya tegas menertibkan pelaku pungli sekaligus melaksanakan pengawasan rutin di lokasi jembatan penghubung Mura-PALI yang rentan terhadap praktek pungli kepada kendaraan yang hendak melintas di jembatan darurat” ujar Dendi.

Selain itu, Dendi juga menegaskan bahwa langkah baik Kapolres Mura tersebut harus tetap dilakukan dengan konsisten.

“Kami juga meminta kepada Kapolres Mura untuk tetap konsisten melakukan sidak atau razia dan pengawasan terhadap oknum-oknum masyarakat maupun aparat yang melakukan pungli yang tentu sangat merugikan masyarakat. Pengawasan harus tetap dilakukan di seluruh wilayah Mura guna terciptanya keamanan dan kenyamanan yang merata” sambung Dendi.

Dendi juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk jangan takut melaporkan tindak kejahatan para oknum khususnya masalah pungli.

“Kita bangga memiliki petugas kepolisian yang peka dan fast respon terkait permasalahan masyarakat, untuk itu masyarakat jangan ragu untuk melaporkan hal-hal yang meresahkan seperti pungli ini kepada pihak kepolisian sebagai bentuk efek jera kepada pelaku pungli,” tegas Dendi.

Mahasiswa yang tergabung dalam aksi tersebut setelah beberapa orang bergantian orasi, aksi diakhiri dengan berfoto bersama personil polres Musi Rawas dan selanjutnya peserta aksi membubarkan diri secara tertib. (YA)

Penulis: Yuyung AnggaraEditor: Rah zainal