Diskominfo Bentuk PPID Mura demi Tingkatkan Pelayanan Informasi Publik

Musi Rawas, BLLG – Demi meningkatkan pelayanan informasi publik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), menggelar sosialisasi dan penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kamis (30/09/2021) di Hotel Dewinda Lubuklinggau.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Mura, yang diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, H Aidil Rusman dengan narasumber dari Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Azim Baidillah dan Komisioner Komisi Informasi Provinsi (KIP) Sumsel, Kori Kunci.

 

Dalam penyampaiannya, Aidil Rusman mengatakan, bahwa informasi merupakan kebutuhan dasar setiap orang sebagai pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta bagian terpenting bagi ketahanan nasional.

 

“Salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Data (PPID), yakni menyediakan informasi publik bagi pemohon informasi,” kata Aidil.

 

Dia berharap, dengan adanya PPID di Kabupaten Mura, implementasi UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dapat berjalalan efektif dan hak publik terhadap informasi berkualitas secara nyata dapat terpenuhi.

 

“Dalam memberikan informasi, PPID mempedomani enam azaz. Yaitu Azaz Transparan, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak, serta Keseimbangan Hak dan Kewajiban,” paparnya.

 

“Kami harap, PPID dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab guna menunjang perkembangan dan pembangunan daerah. Kepada para peserta, diharapkan dapat mengikuti dan mempedomani dengan sosialisasi dan penyusunan DIP,” imbuhnya.

 

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kominfo Mura, H Bambang Hermanto menyampaikan, sosialisasi dan penyusunan DIP untuk mengoptimalkan pelayanan informasi publik di lingkungan Pemkab Mura.

 

“Harapan kami, dengan acara ini, pelayanan informasi publik di Kabupaten Mura semakin baik. Serta dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan,” harap Bambang.

 

Untuk diketahui, turut hadir dalam acara tersebut, narasumber dari Diskominfo Mura dan KIP Sumsel, para pimpinan OPD se-Kabupaten Mura, peserta PPID Pembantu, serta operator OPD di lingkungan Pemkab Mura, dengan jumlah peserta sebanyak 124 orang. (Nal)