Diduga Gara-gara Tangki Modifikasi, Rumah Bagian Depan Taufiq Terbakar

Lubuklinggau, BLLG – Warga RT. 05, Kelurahan Muara Enim, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kota Lubuklinggau, mendadak gempar karena tiba-tiba terjadi kebakaran pada Rabu (16/11/2022) sekira Pukul 21.00 WIB.

Penyebab kebakaran tersebut diduga dari tangki modifikasi kendaraan roda dua dengan merek Suzuki Thunder diduga milik Reza, warga RT.4 Kelurahan setempat.

Nahasnya api yang keluar melalui tangki motor tersebut merambat dan menghanguskan bagian depan rumah warga atas nama Taufiqurahman yang meliputi warung model di depan rumah, teras, dan kamar depan, beruntung api cepat dipadamkan sehingga tidak menimbulkan kerugian lebih banyak dan korban jiwa.

“Jadi yang keno plafon depan jugi instalasi listrik. Jadi api dari tumpahan minyak ngalir, terus pecahan dari jeriken minyak terpental dan lekat di kayu plafon bahkan mengakibatkan kaca kamar pecah terkena pecahannya,” kata Taufiqurahman saat dimintai keterangan.

Taufiq sendiri tidak mengetahui dengan pasti kronologis awal kejadian. Sebab saat itu Taufiq mengaku sedang tidur di kamar dalam rumah, dan posisi pintu rumah tertutup.

“Tahu-tahu tedengar ado suaro pecahan keno kaco kamar, pas aku keluar api lah besak,” ungkapnya.

Kesaksian dari salah seorang warga, Rima, turut menjelaskan bahwa motor memang dalam keadaan dimodifikasi yang memakai keranjang dari besi dan terlihat membawa dua jeriken BBM.

“Karena mogok, lalu motor diengkol biar menyala. Motornya sempat terbalik, nah diduga minyak tumpah dan saat diengkol tersambar hingga mengeluarkan api dan BBM yang mengalir ikut terbakar sampai teras rumah,” ulas Rima.*

Penulis: LorenzaEditor: Rah Zainal