Curah Hujan Tinggi, BPBD Mura Himbau Masyarakat Untuk Waspada!

 

MUSI RAWAS,BLLG -Sesuai dengan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada bulan Januari hingga Maret tahun 2022 ini memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan (Sumsel) mengimbau masyarakat di Bumi Lan Serasan Sekentenan agar waspada.

Plt Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Mura, H Darsan melalui Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Mura, Eko Sefriwan kepada awak media, Rabu (12/01/22) mengatakan mengingat intensitas hujan tinggi dan tidak bisa diduga, pihaknya meminta masyarakat yang ada di Kabupaten Mura, agar tidak terlalu sering beraktivitas di daerah aliran sungai (DAS).

“Kami juga mengingatkan masyarakat agar disaat hujan tidak berteduh dibawah pohan, guna menghindari kecelakaan sebab di musim penghujan sangat rawan terjadinya pohon tumbang,” Ujarnya.

Diungkapkannya, sejauh ini, pihaknya telah melakukan pemetaan wilayah rawan banjir, tanah longsor dan puting beliung. Seperti diantaranya Kecamatan Muara Lakitan, BTS Ulu, Selangit, STL Terawas dan sebagian Kecamatan Megang Sakti.

“Sejak 2017, wilayah-wilayah kecamatan inilah yang sering terjadi luapan air hingga banjir, adapun dua Kecamatan rawan longsor itu Selangit dan Kecamatan TPK,” jelasnya.

Eko Sefriwan memastikan bahwa, sejauh ini pihak BPBD Mura belum membuka posko bencana. Namun jajaran BPBD Standby 1X24 jam di posko yang ada dikantor dan dirinya juga meminta masyarakat Mura apa bila ada hal darurat menyangkut bencana dapat menghubungi nomor Pusdalops BPBD (08217521242).

“Masyarakat desa yang benar-benar dalam kondisi darurat akibat cuaca saat ini, silahkan hubungi nomor itu. Saya pastikan nomor Pusdalops BPBD Mura aktif 1×24 jam,” tandasnya.(*)