Cobain Yuk Pindang Ogan Ikan Tapa Sebroyot, Rasanya Dijamin Mantul!

Lubuklinggau– Ikan Tapa sangat familiar bagi masyarakat sumatera selatan terkhusus di wilayah MLM( Musi Rawas, Lubuklinggau, Muratara) pindang pun memiliki berbagai macam varian di seluruh wilayah Sumsel. Setiap daerah punya ciri khas dan nama tersendiri walaupun sepintas memiliki bentuk yang sama namun ada satu pindang yang layak untuk di coba namanya Pindang ogan Khas Lubuklinggau yaitu di Rumah Makan Sebroyot .

Untuk di ketahui, sebenarnya pindang ogan merupakan masakan tua yang penuh dengan sejarah panjang. Dari hasil penelusuran di daerah asalnya, makanan ini berasal dari suku Pegagan sebuah sub suku dari suku Ogan atau secara administratif masuk dalam Kabupaten Ogan Ilir dan Kabupaten Ogan komering Ilir Sumatera selatan. Suku ini mendiami pesisir aliran sungai musi yang kaya akan sumber ikan sungai seperti ikan tapa, ikan Patin, ikan Toman, ikan Baung, dan ikan Gabus yang kemudian dikombinasikan dengan resep tradisional dan terciptalah masakan pindang pegagan yang mempunyai ciri khas tersendiri.

Di Lubuklinggau pindang ogan menjadi hidangan favorit sebagian besar masyarakat disini. Kuahnya yang pedas sedikit asam dengan warna kemerah-merahan yang menantang disajikan dengan ikan yang empuk serta aroma kalaborasi terasi dan asam jawa yang khas membuat selera makan dipastikan meningkat, apalagi jika disajikan dengan nasi hangat dengan sambal terasi dan lalap-lalapan hijau menjadi pelengkap untuk menikmati makanan ini.

Cus tunggu apalagi, segera hampir di Rumah Makan Sebroyot di Jalan Yossudarso kelurahan Majapahit kecamatan Lubuklinggau Timur II Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan.

Penulis: LorenzaEditor: Rah Zainal
error: Maaf Konten Di Proteksi